Ford BlueCruise Versi Kedua, Mampu Selesaikan Tantangan Mengemudi di Area Padat

Ford BlueCruise dikenalkan Ford pada April 2021 ketika disematkan pada Ford Mustang Mach-E. Sistem teknologinya dirancang untuk membantu pengemudi mengemudikan mobil mereka dengan lebih mudah dan aman. 

BlueCruise memungkinkan mengemudi tanpa menggunakan tangan di bagian jalan raya yang telah memenuhi syarat yang disebut “Hands-Free Blue Zones” mencakup lebih dari 130.000 mil (209.215 km) jalan di Amerika Utara.

Nah sistem teknologi pengemudi otomatis atau swakemudi ini kini tersedia versi tingkatannya, Ford BlueCruise Version 1.2 yang dipasang pada Ford Mustang Mach-Es 2023 dan menyusul semua jenis kendaaraan Ford yang dilengkapi BlueCruise.

Dalam review Ford BlueCruise Version 1.2 yang dilakukan oleh MotorTrend, 16 Maret, dijelaskan bahwa sistem ini dapat membantu pengemudi melakukan tugas-tugas seperti mengemudi di jalan raya, mengubah lajur, dan mengemudi di daerah yang padat.

Disebutkan juga, versi terbaru memiliki fitur lebih baik dalam memastikan keselamatan pengemudi dan penumpang. Misalnya, sistem BlueCruise akan memberikan peringatan kepada pengemudi jika mereka harus mengambil alih kendali kendaraan dalam situasi yang tidak diharapkan. Sistem ini juga dilengkapi dengan kamera dan sensor yang dapat membantu mengidentifikasi objek di sekitar kendaraan.

Secara keseluruhan, setelah uji coba yang mereka lakukan sistem ini dinilai sebagai langkah maju dalam teknologi mobil otonom dan akan sangat berguna bagi pengemudi yang sering melakukan perjalanan jarak jauh. Namun, masih ada ruang untuk perbaikan BlueCruise untuk menjadi lebih baik.

Dengan adanya BlueCruise, Ford ikut bergabung dengan perusahaan mobil lainnya seperti Tesla dan GM yang telah duluan meluncurkan sistem serupa. Namun, Ford mengklaim bahwa BlueCruise lebih murah dan lebih mudah diakses oleh konsumen daripada sistem lainnya.