Ingin Tahu Kenapa SUV Menjadi Kendaraan Paling Populer di Dunia? Baca Ini!
Ilustrasi. (Freepik)

Bagikan:

JAKARTA - Berdasarkan catatan International Energy Agency (IEA), popularitas kendaraan SUV mulai meningkat pesat sejak akhir tahun 1990-an dan awal 2000-an. Popularitas itu terus menanjak, tercatat pada tahun 2021 kendaraan SUV telah menguasai 45,9% pangsa pasar mobil berpenumpang di dunia.

Perubahan selera konsumen ini, juga telah mendorong produsen mobil beralih ke pasar SUV, yang dulunya sempat dikuasai sedan atau wagon. General Motors misalnya, pada November 2018 mereka menyatakan menghentikan enam model produksi sedan dan memilih fokus pada truk pick-up dan SUV baru.

Ada beberapa faktor yang membuat mobil SUV (Sport Utility Vehicle) laku di dunia, di antaranya:

Kinerja yang serba guna

Mobil SUV memiliki kinerja yang serba guna, artinya mobil ini dapat digunakan untuk berbagai macam aktivitas, seperti perjalanan jarak jauh, atau berpetualang di alam terbuka. Mobil SUV juga bisa digunakan untuk mengangkut barang yang banyak dan besar.

Lebih tinggi dan aman

Mobil SUV memiliki ketinggian yang lebih tinggi dari mobil sedan biasa, sehingga memberikan pandangan yang lebih luas kepada pengemudi dan penumpang. Selain itu, mobil SUV juga dirancang untuk memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi di jalan raya.

Mendukung gaya hidup aktif

Produsen mobil SUV berlomba-lomba menerapkan fitur-fitur canggih yang mendukung gaya hidup aktif terkini terutama pada keluaran terbaru. Kecanggihan fitur menjadi salah satu hal yang mendukung mobil tersebut dapat menarik perhatian konsumen di pasar otomotif. 

Faktor kemewahan 

Mobil SUV juga menjadi pilihan karena memiliki tampilan yang lebih mewah dan bergengsi, sehingga banyak orang yang memilih mobil ini sebagai simbol status.

Praktis dan faktor kebutuhan

Untuk sejumlah konsumen, mobil SUV dianggap lebih praktis dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, seperti mengangkut anak-anak ke sekolah atau membawa barang belanjaan. Mobil SUV juga cocok untuk keluarga yang membutuhkan ruang yang lebih luas untuk berkendara bersama.

Semua faktor di atas adalah beberapa alasan mengapa mobil SUV menjadi mobil paling laku di dunia, dengan menawarkan kombinasi kinerja, keamanan, kepraktisan, dan gaya hidup aktif yang disukai oleh sebagian besar konsumen.