Terowongan Sepeda dan Pejalan Kaki Terpanjang Di dunia akan Dibuka Bulan April

JAKARTA - Jika tidak ada perubahan, Norwegia akan membuka terowongan Fyllingsdalen, terowongan pejalan kaki dan sepeda terpanjang di dunia pada 15 April mendatang.

Terowongan, yang memotong Gunung Lovstakken di Bergen, dibangun sejajar dengan jalur rel ringan baru yang dibuka pada Bulan November dan menghubungkan wilayah Fyllingsdalen dengan pusat kota.

Terowongan ini juga berfungsi sebagai jalur keluar bagi penumpang kereta api, dengan jalur khusus pejalan kaki dan sepeda masing-masing selebar 2,25 dan 3,5 meter, termasuk dalam desainnya.

Dengan panjang 2,9 km, butuhkan waktu sekitar 10 menit bagi pesepeda dan 30 hingga 45 menit bagi pejalan kaki, untuk melintasi terowongan ini.

Terowongan Fyllingsdal dan rute sepeda lainnya ke pusat Kota Bergen telah dibiayai melalui program Janji Lingkungan yang didukung pemerintah kota, yang tujuannya adalah untuk memudahkan orang memilih bersepeda dan berjalan daripada mengemudi.

Proyek ini bertujuan untuk membantu mengurangi lalu lintas di kota, mengurangi emisi pemanasan planet serta polusi yang tidak sehat, melansir The National News 7 Maret.

Sebagai perbandingan, terowongan Snoqualmie dekat Seattle, Washington, di AS memiliki panjang 3,6 km. Itu menjadikan terowongan Fyllingsdal sebagai terowongan terpanjang kedua di dunia. Tetapi, ini adalah yang terpanjang yang dibangun untuk mengakomodasi pejalan kaki dan pengendara sepeda.

Terowongan akan dibuka mulai pukul 05.30 hingga 23.30 setiap hari, menyediakan tempat peristirahatan yang terang dan kamera keamanan di seluruh areanya.

Pencahayaan dinamis yang penuh warna akan menciptakan gelombang cahaya saat pengendara sepeda atau pejalan kaki memasuki terowongan di kedua ujungnya, mengingatkan pengendara sepeda akan lalu lintas yang datang.

Telepon darurat tersedia setiap 250 meter, dengan suhu di sini diatur konstan 7°C, menjadikannya rute latihan yang menarik bagi pelari di hari yang lebih dingin.

Diketahui, proyek terowongan ini menerima investasi pemerintah, dengan negara menanggung setengah dari biaya tambahan sebesar 500 juta kroner (sekitar 40 juta poundsterling), untuk meningkatkan terowongan darurat menjadi jalur sepeda dan pejalan kaki.