ChatGPT Bisa Ciptakan Gim Puzzle yang Belum Pernah Ada Sebelumnya

JAKARTA - Kecerdasan Buatan (AI) ChatGPT muncul sebagai aplikasi dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah internet, diperkiraan memiliki 13 juta pengguna setiap hari. Chatbot ini biasa digunakan untuk membuat esai, puisi dan menariknya, kini ia bisa menjadi gim puzzle.

Sepertinya ChatGPT dibuat OpenAI untuk gim puzzle versi browser yang dapat dimainkan sepenuhnya. Namun, harus melalui interaksi dengan manusia alias meminta ChatGPT untuk membuat gim tersebut.

Pada laman Substack Puzzled Penguin melalui Hackernews, yang ditulis oleh Daniel Tait, menunjukkan bagaimana interaksi dengan ChatGPT dimulai dari permintaan sederhana untuk menampilkan gim puzzle pada orang-orang yang menyukai Sudoku.

Setelah menunjukkan daftar gim serupa, Tait kemudian meminta chatbot untuk menciptakan teka-teki logika mirip dengan sudoku, yang saat ini belum ada.

Secara mengejutkan, ChatGPT menampilkannya dengan permainan puzzle bernama Labyrinth Sudoku. Tait kemudian meminta chatbot untuk terus membuat gim puzzle baru.

Dan itu berhasil yang akhirnya muncul dengan permainan disebut Sum Delete. Selanjutnya, dia bertanya apakah ChatGPT bisa membuat versi yang dapat dimainkan, menggunakan HTML dan JavaScript, lalu ChatGPT melakukan hal itu lagi.

Tait menghabiskan beberapa jam berikutnya berinteraksi dengan chatbot untuk meningkatkan tampilan gim, termasuk memintanya untuk menambahkan kode CSS.

Akhirnya, versi yang dapat dimainkan selesai, dan ChatGPT bahkan menamakannya Sumplete. Gim ini sekarang tersedia untuk dimainkan di situs web Sumplete.com, seperti dikutip dari Neowin, Sabtu, 7 Maret.

Meskipun dibuat dengan banyak interaksi dengan manusia, hasil ini jelas menunjukkan bagaimana ChatGPT, dan AI chatbot serupa, dapat membantu pengembang dalam membuat kode aplikasi dan gim di masa mendatang.