PSSI Ketemu FIFA Bahas Persiapan, Erick Thohir Beberkan Kekurangan dari 6 Stadion Piala Dunia U-20 2023

JAKARTA - PSSI menggelar pertemuan dengan perwakilan FIFA, Senin, 6 Maret. Pertemuan ini digelar untuk membahas persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Dalam pertemuan ini, FIFA memberikan sejumlah catatan kepada PSSI, termasuk soal stadion. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir.

Menurut Erick, catatan FIFA itu berkaitan dengan kondisi enam stadion yang akan digunakan di Piala Dunia U-20 2023 pada Mei-Juni mendatang.

Aspek utama yang menjadi perhatian FIFA adalah infrastruktur stadion yang dianggap belum memenuhi kriteria.

"Ada (catatan dari FIFA).  Bukan saya yang catat, ini dari FIFA, banyak ini (catatannya),” kata Erick Thohir seusai pertemuan di GBK Arena, Senin, 6 Maret.

“Di (Stadion Utama Gelora Bung Karno) Jakarta harus ada camera platform dan pagar pembatas di tempat latihan. Di Si Jalak Harupat (Bandung), chip untuk kawasan tribun, kemudian pagar untuk area broadcast," lanjutnya.

Erick kemudian menyebut, kekurangan di Stadion Gelora Jakabaring Palembang adalah kantong parkir. Sementara untuk Stadion Manahan Solo punya masalah dengan lapangan.

"Di (Stadion Gelora Bung Tomo) Surabaya itu akses untuk media, area penonton difabel, dan parkir. Itu (Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali) kursi selatan, parkir, pagar, dan banyak lainnya," ujar pria yang juga menjabat Ketua LOC atau panitia lokal Piala Dunia U-20 2023.

Berdasarkan catatan itu, Erick mengatakan, PSSI bakal kembali mendatangi lokasi stadion untuk menyesuaikan apa yang telah disampaikan FIFA. A

genda tersebut bakal berlangsung pada 21-27 Maret mendatang bersamaan juga dengan perwakilan FIFA.

"Saya memutuskan hari Sabtu, Minggu, dan Senin akan mendatangi seluruh stadion. Saya juga akan meminta perwakilan dari kami LOC, FIFA, dan perwakilan pemerintah pusat serta daerah untuk turun bersama," ujar Ketum PSSI. 

Sebelumnya diketahui bahwa keenam stadion yang disiapkan untuk perhelatan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).