Perusahaan di Bawah Kementerian Keuangan Geo Dipa Raih Rating AAA dari Fitch

JAKARTA – PT Geo Dipa Energi disebutkan mendapat peringkat terbaik dalam penilaian yang dilakukan oleh Fitch Ratings untuk kategori Nasional Jangka Panjang, yaitu AAA.

Plt. Direktur Utama Geo Dipa Yudistian Yunis mengatakan torehan ini menjadi salah satu bukti bahwa perseroan adalah memiliki fundamental keuangan yang kuat.

“Ini menjadi sebuah nilai tambah yang harus dijaga,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Selasa, 21 Februari.

Menurut Yudis, capaian yang diraih merupakan bukti nyata dalam mendukung transisi energi di Indonesia.

“Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah mendukung penuh. Penting bagi kami untuk menjaga kepercayaan ini. Bukan hanya portofolio perusahaan, ini semua berkaitan dengan keyakinan terhadap iklim investasi energi terbarukan di Indonesia ke depan,” tuturnya.

Yudis menambahkan, dengan peringkat Fitch Ratings ini maka Geo Dipa semakin memiliki prospek yang baik guna mengembangkan bisnis.

“Kami akan memainkan peran yang penting dalam pengembangan industri energi terbarukan terutama panas bumi di Indonesia,” tegas dia.

Sebagai informasi, Fitch Ratings merupakan salah satu lembaga pemeringkat kredit berstandar internasional. Fitch's memberikan peringkat kepada perusahaan dengan kategori kredit jangka panjang berdasarkan skala mulai dari "AAA" hingga "D" .

Adapun, Geo Dipa yang juga merupakan Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan, memperoleh fasilitas pinjaman untuk mendanai ekspansi perusahaan sebesar 300 juta dolar AS dari Asian Development Bank (ADB) dan 35 juta dolar AS dari ADB Clean Technology Fund (CTF).

Pinjaman ini dijamin sepenuhnya oleh negara bersama dengan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).

Pemerintah sendiri menjamin lebih dari 75 persen pinjaman Geo Dipa.

Tingginya proporsi penjaminan pemerintah tersebut menggambarkan kemampuan pengembalian yang sangat kuat sehingga meminimalisir risiko gagal bayar.