Twitter Kena Kartu Kuning dari Uni Eropa karena Gagal dalam Atasi Disinformasi di Platformnya

JAKARTA - Twitter yang dipimpin Elon Musk terkena kartu kuning dari Komisi Eropa pada  Kamis, 9 November  karena upayanya untuk mengatasi disinformasi gagal. Tidak seperti yang  dilakukan oleh Google Alphabet, Meta Platforms, Microsoft  dan TikTok.

Perusahaan telah mempresentasikan laporan kemajuan tentang kepatuhan terhadap kode praktik Uni Eropa (UE) yang ditingkatkan tentang disinformasi dalam enam bulan terakhir.

Laporan tersebut mencakup data tentang berapa banyak pendapatan iklan yang telah dicegah perusahaan dari pelaku disinformasi, jumlah atau nilai iklan politik yang diterima atau ditolak, dan contoh perilaku manipulatif yang terdeteksi.

Komisi Eropa tahun lalu mengaitkan kode tersebut dengan aturan konten online baru yang dikenal sebagai Undang-Undang Layanan Digital yang memungkinkan regulator untuk mendenda perusahaan sebanyak 6% dari omzet global mereka karena pelanggaran itu.

Wakil Presiden Komisi untuk Nilai dan Transparansi, Vera Jourova, menyatakan Twitter perlu untuk dikritik. Sementara Twitter sendiri tidak segera menanggapi permintaan komentar dari media.

"Saya kecewa melihat laporan Twitter tertinggal dari yang lain dan saya mengharapkan komitmen yang lebih serius terhadap kewajiban mereka yang berasal dari Kode," kata Jourova dalam sebuah pernyataan, yang dikutip Reuters.

Eksekutif UE mengatakan laporan Twitter kekurangan data dan tidak berisi informasi tentang komitmen untuk memberdayakan pemeriksa fakta. Kepala industri UE Thierry Breton memperingatkan akan ada sanksi berat untuk ketidakpatuhan itu.

“Adalah kepentingan semua penandatangan untuk mematuhi komitmen mereka untuk sepenuhnya menerapkan kode praktik melawan disinformasi, untuk mengantisipasi kewajiban berdasarkan Undang-Undang Layanan Digital,” kata Breton.

LSM aktivis Avaaz juga mengatakan bahwa Big Tech gagal untuk memenuhi aturan Uni Eropa.

"Sirkus di Twitter merusak dasar-dasar kode. Mereka telah menetapkan standar yang sangat rendah sehingga tidak ada yang melihat kegagalan platform lain," kata direktur kampanyenya Luca Nicotra.

“Google tidak membuat kemajuan sama sekali dalam berkolaborasi dengan pemeriksa fakta dan benar-benar tertinggal dalam hal transparansi dan akses ke data. TikTok sedang mencoba untuk mengejar ketinggalan, tetapi algoritma mereka masih mempercepat disinformasi secara besar-besaran. salah satu sumber disinformasi terbesar," katanya.

Google mengatakan berkomitmen untuk membuat kode sukses. Meta mengatakan telah banyak berinvestasi dalam upayanya dan timnya terus bekerja untuk meningkatkan pendekatannya. TikTok mengatakan dalam posting blog bahwa mereka akan terus meningkatkan upayanya.

Laporan berikutnya jatuh tempo pada  Juli depan. Penandatangan kode pada  Kamis meluncurkan pusat transparansi yang memungkinkan warga negara Uni Eropa, peneliti dan LSM untuk mengakses informasi online tentang upaya mereka memerangi disinformasi.