Saldo Kurang Saat Bayar Tol Nirsentuh? Begini Aturannya!

YOGYAKARTA - Tahun ini, pemerintah akan langsung melegalkan cara transaksi tol non-tunai nirsentuh (Multi Lane FREE Flow/MLFF). Lalu bagaimana aturan kala saldo kurang saat bayar tol MLFF?

Yang seharusnya dikenal, pemerintah akan menggunakan denda bagi pengguna jalan tol yang melanggar ketetapan cara transaksi tol MLFF, termasuk apabila saldo pengendara kurang ketika bayar tol. 

Menurut beberapa sumber, pembayaran tol tanpa setop ini akan dijalankan lewat aplikasi Cantas yang terinstal di{smartphone pengendara. Saldo akan terpotong otomatis sesuai hasil kalkulasi biaya ruas tol yang dilintasi pengendara. 

Tapi bagaimana kalau saldonya kurang? Apakah akan segera didenda? 

Aturan Saldo Kurang Saat Bayar Tol MLFF

Ketua Bidang Operasi dan Pemeliharaan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ali Rachmadi mengatakan, pengendara diberi waktu sampai 2 jam untuk menjalankan top up saldo supaya jumlah saldo di aplikasi Cantas mencukupi untuk pembayaran tol. 

Kompensasi waktu 2 jam ini mulai dihitung saat pengendara keluar dari jalan tol. Karena, saldo baru akan terpotong otomatis ketika kendaraan keluar tol. 

Ketetapan ini juga berlaku sekiranya pengendara kehabisan kuota dunia maya, kehilangan sinyal, baterai smartphone habis, dan keadaan sejenis yang tak memungkinkan pengendara untuk segera membayar biaya tol. 

"Begitu dia keluar dari lokasi jalan tol, dia masih punya kesempatan dua jam untuk men-top up. Nanti akan langsung berkurang di mana mereka melintas saat itu," ujar Ali saat Diskusi Publik Peluang dan Tantangan Implementasi Sistem Bayar Tol Tanpa Henti, Selasa (7/2/2023).

Tapi jika pengendara belum mengisi saldo yang cukup selama 2 jam itu, karenanya pengendara akan dikenakan hukuman tahap 1 berupa denda sebesar 1 kali biaya yang seharusnya dibayar selama 2x24 jam. 

Kemudian sekiranya denda tahap 1 tak dipenuhi, karenanya pengendara akan diberi hukuman tahap 2 berupa denda sebesar 3 kali biaya yang seharusnya dibayarkan sebelum 10 hari dari pelanggaran. 

"Setelah di atas 10 hari, baru kita lakukan denda maksimalnya 10 kali lipat (dari tarif yang tidak dibayar)," jelasnya.

Sebagai info, pengendara yang mau masuk tol harus menginstal aplikasi Cantas di ponselnya. Kemudian pengendara dipinta untuk menjalankan pendaftaran kendaraan pada aplikasi itu. 

Cantas adalah aplikasi yang didesain dengan cara navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS) yang memungkinkan pengguna kendaraan untuk menjalankan pembayaran cuma dengan lewat smartphone yang terhubung dengan dunia maya. 

Soal sistem kerjanya, GPS akan menetapkan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan progres map-matching akan berjalan di central system. 

Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif. 

"Kalau pun itu terjadi, harusnya kan blank spot (hilang sinyal) kan hanya di satu-dua titik dan enggak terlalu lama itu hilangnya dan akan kembali lagi sehingga GNSS akan langsung tentukan lagi posisinya dia, di map-matching kembali," ungkapnya.

Jadi setelah mengetahui saldo kurang saat bayar tol MLFF, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!