Eks Drumer Guns N' Roses Kenang Proses Penggarapan You Ain't The First

JAKARTA - Eks drumer Guns N' Roses, Matt Sorum mengingat kembali momen saat ia merekam album ikonik Use Your Illusion II dan Use Your Illusion II.

Ketika Guns N 'Roses kembali ke studio setelah para personelnya mabuk berat di klub terdekat, Crazy Girls, sebuah lagu yang digambarkan Sorum sebagai "lagu bajak laut yang mabuk" tercipta.

Ya, Sorum sangat mabuk. Dia mengakui, dirinya tidak bisa memainkan bass drum sesuai tempo dan memberika tugas itu kepada roadie-nya. Sorum sendiri lantas mencoba memainkan tamborin. 

“Saya sangat mabuk. Tapi tamborin, kalau didengarkan malah agak membuat saya goyah, tapi agak sempurna (dibandingkan kick drum),” kata Sorum kepada Gretch Generations

Hasilnya adalah lagu You Ain't the First, yang ditulis Izzy Stradlin dan muncul dalam album Use Your Illusion I pada tahun 1991.

“Jadi itulah yang Anda dengar dalam rekaman - gitar akustik, bass drum, teknisi saya memainkannya karena saya tidak bisa berdiri, (saya hanya) mengayunkan tamborin.”

Sorum menambahkan, produser Mike Clink, pada masa itu lebih seperti pengasuh anak ketimbang produser.

Ketika para personel Guns N' Roses kembali ke studio, Sorum mengatakan Clink melihat mereka dan "dia seperti berkata, 'Kalian ... pulanglah!'" Tapi mereka tidak mau. 

“Kami berkata, 'Whoa, ayo - kami ingin nge-jam!' Dan Izzy memiliki lagu keren berjudul You Ain't the First, dan jika Anda mendengarkannya, itu pada dasarnya adalah lagu bajak laut yang mabuk. Tapi kami berada dalam kondisi pikiran yang sempurna untuk merekamnya."