Pandangan System Of A Down soal Lagu <i>Chop Suey!</i> yang Dirilis Sesaat Sebelum Teror 9/11
System Of A Down (instagram @systemofadown)

Bagikan:

JAKARTA - Video musik System Of A Down untuk lagu Chop Suey! baru-baru ini melampaui satu miliar penayangan di YouTube. Ini adalah trek pertama milik System Of A Down yang mencapai angka fantastis tersebut.

System Of A Down bergabung dengan barisan artis lintas genre untuk melampaui angka satu miliar. Nama-nama tersebut antara lain, Nirvana dengan Smells Like Teen Spirit, Guns N' Roses melalui November Rain, Queen lewat nomor ikonik Bohemian Rhapsody, dan Linkin Park dengan Numb dan In The End.

Chop Suey! adalah single pertama dari album kedua System Of A Down, Toxicity. Single ini dirilis pada Agustus 2001 dan mendapatkan nominasi Grammy pertamanya pada 2002 untuk Best Metal Performance.

Dalam wawancara baru dengan Zane Lowe dari Apple Music, vokalis System Of A Down, Serj Tankian merefleksikan tanggapannya atas Chop Suey! saat lagu tersebut dirilis. 

"Chop Suey! dirilis (satu atau dua minggu) sebelum (peristiwa teror) 11 September 2001… Dan pada 11 September, ketika seluruh pesawat menabrak World Trade Center, bencana itu terjadi, album kami menduduki peringkat No. 1. Dan rasanya seperti seluruh dunia meledak. Dan mereka mencopot lagu kami dari radio, Chop Suey!. Karena dalam liriknya ada kata 'bunuh diri' - 'bunuh diri yang membenarkan diri' - semua orang memanggil kami, berkata, 'Bagaimana kalian tahu?' dan semua hal ini. Dan kami semua menjadi aneh, mencoba mencari tahu apa yang sedang terjadi," kata Tankian.

"Sementara itu, kami pergi menjalani tur promosi album (Toxicity) di mana Chop Suey! sebagai single-nya. Dan setiap hari, saya ingat (tingkat ancaman) yang berbeda; berita-berita pada dasarnya mengatakan sinyal bahaya. Dan mungkin ada serangan teroris di tempat lain. Itu adalah momen yang menakutkan. Jadi ketika saya memikirkan Chop Suey!, saya tidak bisa memikirkan bagaimana sebenarnya kami duduk di studio dan mengerjakannya. Saya memikirkan 9/11, melakukan tur, berpikir kami mungkin akan mati kapan saja," lanjut dia.

Sementara itu, bulan lalu, System Of A Down merilis Protect The Land dan Genocidal Humanoidz, lagu baru pertama mereka dalam 15 tahun. Diproduksi oleh gitaris/vokalis Daron Malakian, yang juga menulis musik dan lirik, kedua lagu tersebut sekarang bisa di-streaming dan tersedia untuk dibeli di Bandcamp di mana keuntungannya akan diserahkan kepada  Armenia Fund.