Richie Sambora tentang Keputusannya Meninggalkan Bon Jovi
Richie Sambora (instagram @therealsambora)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam edisi baru majalah People, Richie Sambora buka suara tentang keputusan kontroversialnya keluar dari Bon Jovi pada tahun 2013. Dia mengatakan dirinya ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan putrinya Ava, sekarang berusia 23 tahun.

"Itu bukan keputusan yang populer dengan cara apa pun, jelas, tapi sebenarnya hampir tidak ada pilihan tentang itu. Saya memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan di sekitar kehidupan pribadi saya," kata gitaris berusia 61 tahun itu.

"Kami telah melalui banyak hal bersama. Itu adalah masa pemeliharaan psikologis bagi keluarga. Anda tahu, saya bukan malaikat. Tapi saya sadar, Ava membutuhkan saya pada saat itu. Keluarga harus didahulukan, dan itulah yang terjadi."

Sambora, yang menghabiskan waktu menjalani rehabilitasi pada 2007 dan 2011 karena penyalahgunaan alkohol dan obat resep, menambahkan bahwa gaya hidup rock and roll akhirnya membawa dampak buruk.

"Tuhanku, ketika saya melihat ke belakang dan mulai membuat daftar tur... 18 setengah bulan berada di jalan, 52 negara," katanya. "Ini seperti, Wow. Benar-benar waktunya untuk istirahat. Kami melakukannya 14 kali selama periode 31 tahun."

Dua bulan lalu, Sambora mengatakan kepada Daily Mail bahwa dia tidak menentang kemungkinan suatu hari bergabung kembali dengan Bon Jovi, asalkan situasinya tepat. “Ini akan menjadi situasi khusus bagi saya untuk kembali," katanya seraya mengatakan hal tersebut tidak menjadi prioritas dan dirinya tidak ingin merusak keharmonisan formasi sekarang.

Komentar Richie menguap hanya beberapa pekan setelah Jon Bon Jovi mengatakan kepada Rock Antenne Jerman bahwa "tidak ada hari yang berlalu di mana saya tidak berharap Richie bisa menjalani hidupnya dan masih di band ini. Namun, dengan cara aneh, itu karena ketidakmampuannya untuk berkumpul lagi sehingga kami melanjutkan dan menulis This House Is Not For Sale."

Gitaris yang bergabung dengan Bon Jovi pada tahun 1983 dan ikut menulis sebagian besar hit ikonik grup selama tiga dekade berikutnya, belum tampil secara penuh dengan band ini sejak dia meninggalkan tur Because We Can tujuh tahun lalu.

Sambora bergabung kembali dengan Bon Jovi di atas panggung pada April 2018 di upacara pelantikan Rock And Roll Hall Of Fame di Cleveland, menandai penampilan pertamanya dengan band dalam lima tahun. Juga muncul bersama grup adalah bassis Alec John Such, yang tidak bermain dengan Bon Jovi sejak penampilan di tahun 2001. Mereka menampilkan beberapa favorit penonton, termasuk Livin 'On A Prayer, You Give Love A Bad Name dan It's My Life.

Album baru Bon Jovi, 2020, dirilis pada bulan Oktober melalui Island Records.