Pemprov Riau Bakal Bangun 11 Jembatan dengan Anggaran Rp202,697 Miliar

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau pada 2023 mengalokasikan anggaran pembangunan 11 unit jembatan sebesar Rp202,697 miliar untuk meningkatkan arus transportasi masyarakat.

"Dari 11 jembatan itu, tujuh kegiatan sudah selesai lelang dan sudah ada penunjukan rekanan. Sedangkan, empat kegiatan lain masih dalam proses lelang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan Riau M Arief Setiawan dalam keterangan dilansir ANTARA, Rabu, 25 Januari.

Dia mengatakan untuk kegiatan yang sudah selesai lelang, pihaknya sedang menyiapkan jaminan pelaksanaan dengan rencana kontrak ditandatangani pada 30 Januari 2023 dan pembangunan dimulai Februari 2023.

Ke-11 jembatan tersebut yakni Jembatan Sei Selangor di ruas Jalan Selensen-Kota Baru-Bagan Jaya dengan pagu anggaran sebesar Rp17,248 miliar dan Jembatan Sei Sialang Harapan 1 di ruas Jalan Lubuk Agung-Batu Sasak-Batas Sumbar sebesar Rp5,091 miliar.

"Jembatan merupakan media transportasi penting untuk segala aktivitas lalu lintas. Keberadaannya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat termasuk dijadikan sebagai sebagai objek wisata," katanya.

Kemudian, pembangunan Jembatan Sei Kerisik Putih di ruas Jalan Ujung Batu-Rokan-Batas Sumbar sebesar Rp14,251 miliar, Jembatan Sei Limako di ruas Jalan Ujung Batu-Rokan-batas Sumbar sebesar Rp13,454 miliar, dan Jembatan Sei Piang Hulu di ruas Jalan Rokan-Pendalian-Dusun Batas sebesar Rp9,610 miliar.

Selanjutnya, duplikat Jembatan Sei Masjid di ruas Jalan Dumai-Lubuk Gaung-Sinaboi sebesar Rp31,679 miliar, Jembatan Sei Piring di ruas Jalan Sri Luar-Teluk Pinang-Kuala Gaung sebesar Rp63,358 miliar, dan Jembatan Sei Besi di ruas Jalan Bagansiapiapi-Sinaboi sebesar Rp5,344 miliar.

Kemudian Jembatan Sei Camp Kubu di ruas Lubuk Jambi-Simpang Ibul-Simpang Ifa sebesar Rp12,813 miliar, Jembatan Parit Mutiara di ruas Jalan Selensen-Kota Baru-Bahan Jaya (DAK) sebesar Rp22,457 miliar, dan Jembatan Sei Teras di ruas Jalan Dumai-Lubuk Gaung-Sinaboi.

"Dengan selesai pembangunan jembatan tersebut, maka dapat meningkatkan kelancaran arus lalu lintas angkutan barang dan orang serta menghemat biaya karena jarak tempuh akan lebih pendek," sebut Arief.

Pewarta : Frislidia