Tren Media Sosial 2023 yang Harus Kita Perhatikan: Konten Kreator, Bisnis Onlen Wajib Baca!

YOGYAKARTA - Dengan semakin dekatnya tahun 2023, saatnya kita memperhatikan ke tahun yang akan datang, dan semua pembaruan baru ke dunia media sosial yang bakalan dibawanya. Apa ya kira-kira tren media sosial 2023 nanti?

Dari platform baru hingga fokus laser pada konten autentik dan multi-indera, semuanya akan terasa nyata (bahkan di dunia virtual) saat konsumen mendorong keaslian, komunitas, dan pengalaman imersif.

Kita semua tahu seberapa cepat lanskap berubah, jadi kami di sini untuk membuat Anda tetap di atas semuanya. Kami menguraikan enam tren media sosial paling menarik yang kami perkirakan akan menjadi berita besar bagi merek dan bisnis di tahun 2023.

Tren Media Sosial 2023 yang Harus di Perhatikan

Bermain Sosial Media (bruce mars - Unsplash)

Game adalah taman bermain media sosial baru

Jika Anda pernah memainkan Candy Crush atau Wordle dalam perjalanan sehari-hari, Anda resmi menjadi seorang gamer.

Sementara platform media sosial mencoba dan menguji platform periklanan, game menawarkan setumpuk peluang baru yang menarik untuk merek dan bisnis di tahun 2023. Sejumlah perusahaan teknologi dan merek juga menggandakan investasi mereka dalam game.

Netflix akan memperluas jangkauannya, membangun studio video game internal pertamanya di Helsinki. Selain itu, rumah mode mewah terus menggunakan game sebagai sarana keterlibatan komunitas dan untuk menjembatani kesenjangan antara realitas virtual dan IRL.

Industri game diperkirakan bernilai sekitar $200,8 miliar, dengan iklan dalam game diperkirakan mencapai $17,6 juta pada tahun 2023. Ini adalah dunia yang tumbuh subur dalam interaksi sosial, dan relatif belum dimanfaatkan dalam hal pemasaran. Mungkinkah tahun 2023 menjadi tahun bagi merek Anda mencoba-coba kekuatan game?

Konten menjadi layar penuh

Meskipun ledakan astronomi TikTok bukanlah hal baru, pengaruhnya terhadap cara platform media sosial lainnya beroperasi akan terus berlanjut. Berharap untuk melihat lebih banyak konten 9:16 (itu vertikal layar penuh) yang akan Anda terima.

Meskipun tidak mengherankan jika Instagram mengikuti jejak TikTok dalam hal ini, sekarang YouTube dan Facebook juga demikian. Video vertikal di Facebook memiliki tingkat penyelesaian 90% lebih tinggi daripada video horizontal dan YouTube sedang menguji coba fitur baru yang memformat ulang iklan video menjadi pemutaran vertikal.

Semakin banyak platform yang mendukung rasio aspek ini, konten yang sama dapat digunakan kembali untuk jangkauan yang lebih luas. Beralih akan memberi Anda lebih banyak keuntungan.

Keaslian juara BeReal & Instagram Candid Challenges

BeReal mengubah permainan pada tahun 2022 dengan peningkatan fokus pada keaslian. Saat diluncurkan pada tahun 2020, aplikasi ini benar-benar lepas landas tahun lalu dan telah menandai era baru estetika yang mendukung dokumentasi saat ini dan nyata daripada konten yang dipoles dan dikuratori.

Instagram Candid yang belum diluncurkan akan segera mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna secara acak dan akan meminta foto kamera ganda. Dan sepertinya Instagram bukan satu-satunya polisi di sini.

TikTok Now akan mengirimkan notifikasi serupa, tetapi sesuai sifatnya juga akan mendukung video.

Apa artinya ini bagi Anda? Pikirkan kembali pembuangan foto bebas filter di masa-masa awal Instagram. Konten akan terus dipersonalisasi dan organik. Kurangi pemotretan studio yang besar dan pilih sesuatu yang sedikit lebih otentik.

Ledakan dalam Audio Sosial

Karena semakin banyak platform media sosial yang beralih ke konten berbasis video, dan berkat ledakan pemain game di seluruh dunia, peran audio di media sosial berubah dengan cepat.

Facebook memiliki alat reaksi soundbite dan Twitter memiliki tweet suara dan Twitter Spaces. LinkedIn memiliki Acara Audio. Saatnya membuat strategi media sosial yang memanfaatkan kekuatan audio sosial di tahun 2022!

Merasa berani? Masuk ke Metaverse dan bereksperimenlah dengan pemasaran audio untuk merek Anda. Ingin memulai dari yang kecil? Tingkatkan strategi Instagram Reels Anda dengan audio yang sedang tren untuk memastikan keterlibatan yang lebih tinggi dan jangkauan yang lebih luas.

Bangkitnya Nano-Influencer dan UGC

Berbicara tentang penskalaan kembali, kebangkitan nano-influencer (mereka yang memiliki kurang dari 10 ribu pengikut) dan konten buatan pengguna (UGC) tidak melambat.

Faktanya, nano-influencer sudah mencapai 90% dari kampanye pemasaran influencer yang sukses. Terlihat lebih kredibel, mereka menghubungkan merek Anda dengan audiens khusus, memberikan akses langsung ke target pasar Anda. Ini juga berarti Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk satu kampanye.

Konten buatan pengguna juga menjadi hal yang wajib dimiliki. Alat pemasaran organik ini menciptakan hubungan langsung dengan konsumen nyata yang memupuk hubungan merek-pelanggan yang kuat yang membantu meningkatkan rasa kredibilitas.

Ambil langkah lebih jauh di tahun 2023 dengan membuat kampanye UGC khusus yang menginspirasi dan menghargai pelanggan Anda karena membuat konten tentang merek Anda.

AI mengambil alih Pembuatan Konten dan Pelacakan Analitik

Mari kita perjelas tentang apa yang dimaksud AI di sini. Ini hanyalah perangkat lunak yang mengotomatiskan pekerjaan tertentu, seperti menyusun postingan media sosial secara efisien, atau mengungkap saluran periklanan baru – meningkat seiring waktu karena terpapar lebih banyak data. Sebagai pasar, AI diperkirakan akan tumbuh sebesar 120 persen per tahun.

Kemungkinan Anda sudah menggunakannya, Anda mungkin tidak memiliki strategi yang pasti untuk mengimplementasikannya. Salah satu cara Anda dapat mulai memasukkan AI ke dalam rencana permainan Anda adalah dengan membantu copywriting. Anda dapat memasukkan beberapa petunjuk dan perangkat lunak AI akan kembali dengan saran penyalinan.

Namun ingat: AI tidak akan pernah menggantikan kekuatan konten autentik yang dipersonalisasi. Meskipun alat ini dapat membantu Anda memunculkan ide dan permulaan teks baru, alat ini tidak akan pernah dapat menangkap suara dan kepribadian unik merek Anda seperti yang Anda inginkan!

Sebagai gantinya, kami menyarankan penggunaan alat (seperti starter sosial Plann) untuk mendapatkan rekomendasi konten terbaik, dengan kemampuan untuk menyesuaikan setiap kiriman dan teks agar sesuai dengan merek dan audiens Anda.

Jadi setelah mengetahui tren media sosial 2023, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!