Apa Itu New Creator Economy, Tren Aktivitas Bisnis Baru di Era Digital
Apa itu new creator economy (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - New creator economy menjadi fenomena baru yang membuka peluang besar bagi dunia bisnis di era digital seperti sekarang. Para pelaku usaha atau pebisnis pun dituntut untuk bisa beradaptasi serta memanfaatkan fenomena tersebut. Lantas apa itu new creator economy dan seperti apa perkembangannya.

New creator economy merupakan fenomena yang muncul dari transformasi aktivitas bisnis yang semula konvensional, kini dilakukan secara digital. Tidak hanya membutuhkan kecakapan dalam penggunaan teknologi digital, pebisnis juga perlu berevolusi dalam mindset atau pola pikirnya. 

Untuk bisa terus bertahan dan memenangkan persaingan pasar, pebisnis perlu memahami apa itu new creator economy serta strategi yang perlu diterapkan. 

Apa Itu New Creator Economy?

New creator economy adalah fenomena bisnis yang memungkinkan para kreator konten untuk menjadi pebisnis atau pengusaha dengan memanfaatkan platform digital. Fenomena ini hadir berkat era teknologi digital yang membuka peluang lebih lebar untuk melakukan aktivitas bisnis secara masif dan lebih praktis. 

Dalam fenomena new creator economy, seorang konten kreator bisa memonetasi kreativitas atau bakat mereka untuk membangun audiens, sehingga bisa mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber. Para konten kreator dapat memanfaatkan platform digital untuk mendulang cuan, misalnya melalui media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube, dan sebagainya. 

Tren new creator economy lebih berfokus pada mendapatkan perhatian dan interest dari target pasar, dalam kolam atau lingkungan digital. Dalam fenomena ini, kreator atau pengusaha menjalankan model bisnis untuk menarik traffic pelanggan.  Strategi bisnis yang diterapkan yakni dengan memproduksi konten-konten yang mengundang perhatian audiens. 

Berbeda dengan aktivitas bisnis konvensional, di mana penjual atau pebisnis beroperasi di bawah naungan brand, mall, atau pasar. Namun dalam new creator economy tercipta ekosistem perdagangan online di media sosial maupun e-commerce, sehingga penjual atau kreator menjadi penggerak utama untuk mendapatkan traffic pelanggan. 

Kelebihan New Creator Economy bagi Pebisnis

Pebisnis atau pengusaha di era sekarang perlu beradaptasi dengan new creator economy jika tidak ingin tertinggal atau kalah saing di pasaran. New creator economy memberikan sejumlah kelebihan bagi para pebisnis untuk memperkuat brand atau merek dan meningkatkan penjualan. 

Berikut ini beberapa keuntungan new creator economy bagi para pebisnis di era digital seperti:

Branding Kuat dan Autentik

Kreator konten memiliki pengaruh yang kuat terhadap audiens atau pengikut mereka di platform digital. Dengan bermitra bersama kreator konten yang sejalan dengan nilai-nilai dan visi bisnis, maka dapat membangun citra merek yang kuat dan otentik di kalangan audiens target market.

Menjangkau Pasar Lebih Luas

Melalui konten yang ditujukan kepada audiens yang luas dan beragam, Anda dapat mengakses pasar yang lebih besar dan lebih luas. Produk atau bisnis Anda bisa dikenali oleh calon konsumen yang sebelumnya mungkin tidak terjangkau melalui strategi pemasaran konvensional. Langkah ini membuka peluang untuk memperluas basis pelanggan.

Keterlibatan Tinggi dengan Audiens

Para kreator konten memiliki keterampilan atau kecakapan dalam berinteraksi secara langsung dengan audiens melalui konten yang menarik. Melalui kolaborasi dengan kreator atau influencer, Anda dapat menciptakan konten yang informatif, menghibur, dan relevan sehingga dapat menarik perhatian audiens. Cara ini berguna untuk meningkatkan keterlibatan dan membangun hubungan lebih dekat dengan calon pelanggan.

Meningkatkan Kredibilitas

Di era digital saat ini, konsumen semakin cerdas dan selektif dalam memilih produk yang akan dibeli. Berkolaborasi dengan kreator yang memiliki reputasi baik dan audiens setia maka dapat membangun kredibilitas dan kepercayaan yang tinggi di mata konsumen. 

Peluang Monetasi

Selain manfaat branding dan pemasaran, konten juga dapat membantu Anda menciptakan peluang monetisasi secara inovatif. Contohnya, Anda bisa menjalin kemitraan menguntungkan dengan para kreator konten untuk mempromosikan produk atau melalui program afiliasi. Anda dapat memberikan komisi untuk setiap penjualan yang dihasilkan melalui tautan unik yang mereka bagikan.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu new creator economy yang perlu dipahami oleh para pengusaha dan pebisnis di era digital. Pebisnis perlu beradaptasi dan berevolusi untuk memanfaatkan peluang dari new creator economy karena memberikan sejumlah keuntungan bagi kemajuan bisnis. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.