Sandiaga Uno Ungkap Cara Dongkrak Wisatawan di Rest Area

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan salah satu cara untuk mendongrak wisatawan di rest area.

Menurut Sandiaga Uno, diferensiasi produk dapat menjadi salah satu cara dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke rest area. Salah satunya rest area 229B di Tol Kanci-Pejagan.

“Kalau ada beberapa produk yang berbeda satu sama lain, keunikan ini akan meningkatkan bukan hanya pengalaman, tapi kenangan. Nantinya rest area ini akan selalu menjadi buah bibir,” kata Sandiaga, dikutip Sabtu, 24 Desember.

Eks Wagub DKI Jakarta ini mengupayakan agar para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) setempat dapat menciptakan diferensiasi antar-30 kios yang berada di rest area ini. Selain itu, dia menawarkan para pelaku ekraf diberikan pelatihan melalui Program Bedah Desain Kuliner Nusantara (Bedakan).

Normalnya, masyarakat mendatangi tempat peristirahatan hanya untuk istirahat, pergi ke toilet, salat, dan makan. Padahal, lanjut Sandiaga Uno, tempat peristirahatan dapat menyediakan produk-produk ekraf kerajinan khas setempat seperti peralatan salat dan sarung gaya Cirebon.

“Kita bisa dorong kebangkitan inovasi sehingga lebih banyak peluang usaha dan lapangan kerja bagi para pelaku ekraf,” terang Sandiaga Uno.

Pengelola Rest Area 229B Teguh Pribadi menyatakan bahwa terdapat 18 persen pengunjung datang ke tempat peristirahatan tersebut dari 31 ribu kendaraan yang berlalu-lalang di Tol Kanci-Pejagan ini. Karena itu, ia mengharapkan agar ada peningkatan kunjungan menjadi 25 persen.

“Kebanyakan dari pengunjung rest area tersebut tidak membeli berbagai produk kreatif karena hantaman pandemi covid-19 yang melemahkan daya beli masyarakat. Mereka hanya menumpang beristirahat dengan membawa tikar dan makanan sendiri,” ujarnya.