Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Sandiaga Uno Resmikan Hotel Milik KDTN di Ruas Tol Cipali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Dok. KDTN)

Bagikan:

JAKARTA – Berdasarkan Permen PUPR No. 28 Tahun 2021 tentang tempat istirahat dan pelayanan pada jalan tol, PT Puri Sentul Permai Tbk (KDTN) terus mengembangkan bisnisnya dengan membangun hotel pertama di rest area, yang berlokasi di Rest Area KM 19 ruas tol Jakarta-Cikampek.

Sekaligus menjadikan KDTN sebagai pelopor hotel di rest area jalan tol di Indonesia.

Adapun KDTN semakin memperkuat posisinya sebagai pemimpin di industri hotel rest area dengan melaksanakan Grand Opening Swiss-Belexpress Rest Area KM 166 dan KM 164 ruas Tol Cipali.

Hotel ini merupakan Hotel kedua dan ketiga milik Perseroan yang berada di Rest Area KM 164 dan KM 166 Ruas Tol Cipali-Majalengka yang mana operasionalnya dikelola oleh Swiss-Belhotel International.

Acara Grand Opening ini juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif, Bapak Sandiaga Uno dan Wakil Bupati serta jajaran Muspida Kabupaten Majalengka yang mana peresmian Hotel ini menjadi langkah penting dalam pengembangan sektor pariwisata dan infrastruktur di Indonesia sekaligus sebuah bentuk nyata KDTN dalam misi membantu menekan angka kecelakan di jalan tol.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, usaha ini bagian dari ekosistem Publik Private Partnership, hal ini akan bisa mendorong wisata desa unggulan yang ada di wilayah Majalengka dengan susunan sawah yang menjadi Desa Wisata terbaik di tahun 2023.

Hadirnya Hotel ini untuk mendukung kepentingan ekonomi, membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang luas untuk kebangkitan ekonomi masyarakat serta sebagai pendukung destinasi di Majalengka.

Selain itu, Hotel di tengah rest Area ini fungsinya memang untuk memastikan agar aspek keselamatan jadi lebih utama agar pengendara tidak lelah dalam mengemudikan kendaraannya sehingga bisa mengurangi potensi kecelakaan.

“Bahkan dalam rapat tingkat Menteri yang sudah dilanjutkan dengan sidang kabinet Paripurna minggu ini, salah satu yang menjadi perhatian utama dalam kelancaran liburan Nataru ini adalah di Cipali dan yang dijaga betul adalah aspek keselamatan keamanan sehingga pergerakan wisata dan pergerakan para pemudik libur Nataru itu aman nyaman dan menyenangkan,” ujar Sandiaga.

Sandiaga mendorong pembangunan hotel-hotel di-rest area juga mendukung sepenuhnya karena ini sudah menjadi suatu trend dan kebutuhan.

“Kalau ada kebutuhannya akan ada suplainya tinggal di tingkatkan pengusahanya, disini ada temen-temen dari PHRI, ada dari pengelola rest area agar semua bisa berkolaborasi seperti halnya dengan KDTN yang hadir dengan beberapa hotel yang sudah dibangun dan beroperasi di beberapa titik di-rest area,” ujarnya.

Secara perizinan, menurut Sandiaga, sangat mudah dan terintegrasi dalam OSS di Kementerian investasi.

"Maka dari itu, semua pihak harus bisa bersinergi, adaptif, tangguh dan unggul untuk menghadapi perkembangan dan tantangan yang terus berkembang," Jelasnya.

"Kami sangat bangga atas peresmian Swiss-Belexpress Rest Area KM 166 dan KM 164 di Ruas Tol Cipali, dimana peresmian ini bisa dilaksanakan sebelum akhir tahun yang mana bertepatan dengan libur Nataru 2023," Jelas Direktur & Corporate Secretary PT Puri Sentul Permai Tbk Aan R

Aan menyampaikan sesuai janji pihaknya kepada masyarakat pada saat Go Publik lalu bahwa semua dana yang terkumpul akan di dedikasikan untuk pengembangan bisnis hotel di Rest area sesuai Permen PUPR no. 28 tahun 2021.

Selain itu, kehadiran Swiss-Belexpress Hotel di rest area ini diharapkan mampu melengkapi fasilitas istirahat yang ada di rest area untuk para pengguna jalan tol agar lebih mudah mendapatkan tempat istirahat yang representative dan berkualitas sehingga para pengendara bisa lebih segar untuk melanjutkan perjalanannya.

Aan menerangkan, tingkat kesadaran para pengendara tentang pentingnya istirahat saat berkendara masih kurang saat ini dan berharap dengan hadirnya Swiss-Belexpress di Rest Area ikut berperan dalam program pemerintah tentang keselamatan berkendara dan ikut serta dalam menekan angka kecelakaan.

Aan menambahkan tetapi dalam hal ini pihaknya memerlukan dukungan dari semua pihak untuk mewujudkannya.

“Di sisi lain keberadaan Swiss-Belexpress Rest Area diharapkan mampu ikut serta dalam memajukan Pembangunan daerah Kab. Majalengka melalui pendapatan asli daerah dan juga serapan tenaga kerja warga sekitar," pungkas Aan.