Ketahui Cara Kerja Kamera 360 Mobil Beserta Keunggulannya

YOGYAKARTA – Pada era modern seperti sekarang ini, mobil mulai dibekali dengan beragam fitur canggih yang memudahkan pengemudi. Salah satunya adalah kamera 360 derajat. fitur ini memungkinkan pengemudi mengawasi segala sesuatu di luar mobil melalui layar monitor. Lantas, bagaimana cara kerja kamera 360 mobil?

Cara Kerja Kamera 360 Mobil

Penambahan fitur kamera 360 derajat pada mobil keluaran terbaru sangat membantu pengemudi ketika mengoperasikan kendaraan di jalanan yang ramai.

Sedianya, kamera 360 yang dipasang pada mobil merupakan kamera parkir. Kamera ini membuat pengemudi bisa melihat dengan jelas posisi belakang kendaraan.

Dikutip VOI dari laman Gomechanic, belum lama ini, ada beberapa sudut yang dicakup kamera ini seperti depan, belakang kiri, dan kanan.

Pengaturan ini membantu pengemudi bermanuver di tempat sempit, lalu lintas padat, dan saat parkir.

Kamera-kamera ini juga dapat memberi Anda tampilan top-down dari mobil Anda. Kamera mengambil gambar terus menerus dari apa yang ada di sekitar dan membuat versi tampilan atas animasi.

Semua kamera yang terpasang di sudut mobil, terhubung dengan sistem software, sehingga dapat menangkap gambar 360 derajat. Hasil tangkapan gambar yang ada di setiap sudut mulai dari angle depan dan belakang disambungkan.

Alhasil, pengemudi seolah-olah mendapat gambar dari atas mobil. Lingkungan sekitar mobil pun tergambar dengan jelas. Dengan demikian, blind spot yang ada makin minim.

Keunggulan Penggunaan Kamera 360 Mobil

Seperti yang sudah disinggung di atas, kamera 360 derajat mobil adalah fitur yang memudahkan pengemudi ketika mengoperasikan kendaraan di jalanan yang ramai.

Selain itu, pemasangan kamera 360 mobil juga memiliki beberapa keunggulan lain, seperti:

  1. Punya Sudut Pandang Luas Tanpa Titik Buta

Kamera 360 derajat dapat menangkap bidang yang luas atau memberikan sudut pandang untuk pengemudi tanpa titik buta.

  1. Pengemudi Mempunyai Fleksibilitas yang Lebih Tinggi

Kamera 360 memberikan tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi untuk pengemudi. Pasalnya, fitur ini memungkinkan membuat penayangan langsung dan rekaman dari sudut tertentu.

  1. Minim Biaya Perawatan

Lebih sedikit infrastruktur yang dipasang untuk melihat area tertentu dan mampu meminimalkan biaya perawatan selama masa pakai sistem.

Di banyak lokasi, Anda bisa menekan jumlah kamera hingga 50 persen atau lebih dengan teknologi kamera 360.

  1. Masa Pakai Lama

Kamera 360 ​​derajat tidak mempunyai bagian yang bergerak dan tidak cepat aus, sehingga dapat menghindari lag (latensi) dan masa pakainya cenderung lama.

Prakiraan Biaya Pasang Kamera 360 Mobil

Mobil keluaran terbaru biasanya sudah dibekali fitur kamera 360 derajat. Akan tetapi, jika fitur ini belum terpasang, Anda bisa membeli produk aftermarket kamera parkir 360 derajat di pasaran.

Untuk harganya cukup bervariasi, mulai dari Rp500 ribu hingga Rp10 juta, tergantung kualitasnya.

Apabila Anda ingin mencek secara real harga kamera 360 mobil, bisa melihat di platform marketplace di Tanah Air, karena saat ini telah banyak yang menyediakan secara online.

Jenis kamera 360 mobil yang baik tentunya memiliki harga jual yang lebih tinggi. Apabila Anda ingin membeli secara online, pastikan untuk melihat ulasan dari pembeli sebelumnya.

Demikian informasi seputar cara kerja kamera 360 mobil beserta keunggulannya. Semoga bermanfaat!