Binance dan FTX, Bagaimana Rekan Berubah Jadi Pesaing?

JAKARTA - CEO Binance Changpeng Zhao (CZ) menjelaskan hubungan dirinya dengan Sam Bankman-Fried (SBF) yang berubah dari rekan menjadi saingan. Menurut CZ, semuanya dimulai ketika Binance memutuskan untuk menarik diri dari FTX.

CZ mengatakan Binance memutuskan untuk menarik diri dari FTX setelah menjadi "semakin tidak nyaman" dengan cara SBF menjalankan pertukaran dan perusahaan rekanan Alameda Research. Dia mengklaim bahwa keputusan itu mendorong Bankman-Fried untuk menyerang mereka.

"Sam sangat tidak bersemangat ketika kami memutuskan untuk menarik diri sebagai investor sehingga dia meluncurkan serangkaian omelan ofensif pada beberapa anggota tim Binance, termasuk mengancam akan melakukan 'upaya luar biasa untuk membuat kami membayar,'" kata Changpeng Zhao. Dia menambahkan bahwa dia memiliki pesan teks untuk membuktikannya.

Setelah keluarnya Binance, SBF mulai berinvestasi pada teman-teman di tempat-tempat tinggi - dari media dan pembuat kebijakan hingga selebriasi (seperti Kevin), kata CZ.

Itu juga ketika SBF mulai menyerang Binance dan dia secara pribadi, kata CZ. "Etnisitas saya adalah fokus dari serangan-serangan itu," kata CZ. "Saya orang Kanada dan Binance bukan perusahaan Cina," tambahnya.

CZ juga menunjukkan jumlah uang yang berlebihan yang dihabiskan FTX untuk pemasaran.

"Anda tidak harus menjadi jenius untuk mengetahui ada sesuatu yang tidak beres di FTX," kata CZ. "Mereka adalah 1/10 ukuran kita, namun menghabiskan 100/1 untuk pemasaran & "kemitraan," pesta mewah di Bahama, perjalanan ke seluruh dunia, dan rumah mewah untuk semua staf senior mereka (dan orang tuanya)," tambah bos Binance.