Meski Hanya Menembus 16 Besar, Skuad Timnas Jepang Disambut Bak Pahlawan usai Pulang dari Piala Dunia 2022 Qatar

JAKARTA — Skuad tim nasional Jepang disambut seperti pahlawan setelah pulang dari Piala Dunia 2022 Qatar dan tiba di negara mereka pada Rabu, 7 Desember.

Sebagian besar pemain Samurai Biru mendarat di Bandara Internasional Narita di Prefektur Chiba, sebelah timur Tokyo, pada sore hari kemarin, kecuali beberapa pemain yang membela klub di Eropa.

Setiba di bandara, mereka pun disambut sangat meriah oleh pendukung. Dalam foto-foto yang diunggah oleh akun Twitter resmi Piala Dunia 2022 Qatar, terlihat ratusan orang memadati bandara untuk menyambut pahlawan mereka.

Outlet media Jepang, Nippon, melaporkan, para pemain dan pelatih disambut oleh sekitar 700 pendukung yang menunggu di lobi bandara.

Selain itu, pelatih Jepang Hajime Moriyasu bersama rombongan pun langsung diberi karangan bunga oleh karyawan maskapai.

"Kami mampu bersaing di panggung dunia dengan keberanian, berkat suara dukungan penuh semangat dari orang-orang di Jepang," kata Moriyasu dalam konferensi pers di salah satu hotel di dekat bandara yang dikutip Nippon.

Meskipun pulang lebih awal dari Qatar, perjalanan Jepang di Piala Dunia tahun ini patut mendapat apresiasi. Mereka sukses menembus babak 16 besar sebagai juara Grup E setelah memenangi dua dari tiga laga.

Pasukan asuhan Moriyasu memulai penyisihan grup dengan mengalahkan Jerman. Mereka lalu kalah tipis 0-1 dari Kosta Rika sebelum mengalahkan Spanyol di laga terakhir untuk menduduki posisi paling atas grup.

Sayangnya, perjalanan mereka kemudian kandas di babak 16 besar saat berhadapan dengan Kroasia. Mereka bermain imbang 1-1 selama 120 menit dan kalah 1-3 melalui drama adu penalti.