Kanada akan Kirim Astronot Pertama ke Bulan pada 2023

JAKARTA - Untuk pertama kalinya pemerintah Kanada akan mengirimkan astronotnya ke bulan pada 2023. Hal itu diungkap langsung oleh Menteri Inovasi Kanada, Navdeep Bains yang merencanakan orang Kanada pertama yang ikut dalam U.S. Mission.

Melansir Reuters, Kamis, 17 Desember, Navdeep mengumumkan hal itu setelah dirinya menandatangani kesepakatan resmi dengan pemerintah Amerika Serikat (AS). Dalam misi tersebut, sekumpulan astronot yang beranggotakan 18 akan pergi ke bulan di bawah program Artemis NASA. Sebuah program di mana Kanada telah ambil bagian.

Nantinya, Artemis akan dirancang untuk mengirim beberapa misi ke bulan. Astronot Kanada yang belum disebutkan namanya ini, akan mengambil bagian dalam perjalanan kedua. Yang mana, perjalanan itu dijadwalkan terbang mengelilingi bulan dalam perjalanan 10 hari pada 2023.

"Semua mata akan melihat ke langit saat salah satu astronot kami menjadi orang Kanada pertama yang melakukan perjalanan mengelilingi bulan," kata Navdeep pada konferensi pers.

Sebelumnya, Kanada dan AS telah memiliki sejarah panjang dalam kerja sama di luar angkasa. Navdeep juga mengungkap seorang astronot Kanada suatu hari akan terbang ke Gerbang Bulan, sebuah pos terdepan yang direncanakan oleh NASA akan dibangun dalam dekade berikutnya.

Sementara itu, Kanada sendiri tampak telah membangun lengan robotik Canadarm yang awalnya dipasang di beberapa pesawat ulang-alik AS. Serta beberapa stasiun luar angkasa internasional. Alhasil, kedua negara memiliki tujuan yang sama, yakni untuk menempatkan kembali astronot di bulan pada 2023.