Yang Harus Dilakukan Saat Laptop Ketumpahan Air dan Estimasi Biaya Perbaikan Jika Terjadi Kerusakan

YOGYAKARTA – Laptop Ketumpahan air jadi hal yang kerap dialami oleh penggunanya. Sebagian besar terjadi karena faktor ketidaksengajaan. Saat Anda mengalami hal ini, tak perlu panik berlebihan karena ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Pertolongan untuk Laptop Ketumpahan Air

Keyboard jadi bagian yang paling sering terkena dampak saat laptop terkena air. Hal itu berpotensi merusak komponen keyboard. Namun cara mengatasi keyboard tidak berfungsi cukup sederhana.

Yang jadi masalah adalah saat air merambat ke komponen lain dan menyebabkan kerusakan di komponen penting. Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda tak boleh menyia-nyiakan waktu. Lakukan beberapa hal berikut ini untuk meminimalisir kerusakan.

  1. Putus Arus Listrik Laptop

Anda harus segera memutus aliran listrik dari charger saat laptop terkena air. Hal ini harus dilakukan karena air bisa menjadi penghantar listrik dan mengakibatkan konsleting pada laptop. Konsleting ini mampu merusak komponen laptop hingga menimbilkan percikan api yang memicu ledakan atau kebakaran kecil.

  1. Jangan Nyalakan Laptop

Segera matikan laptop untuk menghindari arus listrik pada laptop. Anda bisa mematikan laptop dengan mencabut baterainya.

  1. Usap dengan Kain Penyerap Air

Bekas air yang ada di laptop harus segera diusap dengan kain penyerap air. Jangan usap dengan benda yang tidak menyerap air karena justru akan membuat air semakin rata dan masuk ke sela-sela komponen.

  1. Tempatkan Laptop dalam Posisi Terbalik

Cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengeluarkan air yang tumpah adalah dengan membaliknya. Hadapkan keyboard ke arah bawah, gravitasi akan membantu air keluar dari laptop.

  1. Hindari Pengeringan dengan Hair Dryer

Hair dryer memang mampu mengeluarkan hawa panas sehingga mampu membuat pengeringan air lebih cepat. Namun hembusan air yang kencang dari hair dryer dikhawatirkan akan membuat air tertiup dengan kencang hingga mengalir ke komponen lain pada laptop.

  1. Timbun Laptop dengan Beras

Cara ini cukup ampuh dan efektif untuk menghilangkan air atau embun yang masih tersisa di dalam komponen. Daya serap beras pada air mampu mengeringkan laptop dengan baik. Saat melakukan hal ini, usahakan agar beras tidak sampai masuk ke dalam lubang-lubang kecil yang ada di laptop seperti lubang charger atau lubang kipas. Durasi penimbunan disesuaikan dengan banyak atau sedikitnya air yang tumpah.

  1. Bongkar Keyboard

Pembongkaran laptop bisa dilakukan secara mandiri. Lakukan pembongkaran terutama pada bagian yang terkena air seperti keyboard. Pembongkaran dilakukan untuk mendeteksi air yang masuk ke dalam komputer. Langkah ini bisa dilakukan sendiri, namun Anda harus hati-hati.

  1. Bawa ke Tempat Service

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membawa laptop ke tempat service. Hal ini dilakukan agar kerusakan tak makin parah sehingga data masih bisa terselamatkan. Anda bisa mendatangi service centre atau tempat yang Anda percaya untuk menangani laptop Anda.

Estimasi Biaya Perbaikan Laptop Ketumpahan Air

Biaya service laptop yang ketumpahan air beragam, tergantung tingkat kerusakan yang terjadi. Selain itu jenis air yang tumpah juga berpengaruh pada kerusakan. Air laut, air hujan, atau air teh mampu menyebabkan korosi pada komponen lebih tinggi dibanding air putih bening biasa.

Estimasi biaya perbaikan laptop ketumpahan air paling ringan mencapai Rp300 hingga Rp500 ribu. Di tingkat ini biasanya pihak teknisi hanya akan mengeringkan air atau membersihkan bekas air yang menodai komponen.

Sedangkan estimasi biaya paling berat bisa mencapai jutaan. Hal ini bisa terjadi saat air merusak motherboard atau komponen penting lainnya pada laptop.

Itulah informasi terkait laptop ketumpahan air. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.