Pengguna Baru! Ini Cara Tutup Aplikasi di macOS dengan Mudah

JAKARTA - Tidak semua pengguna Mac dapat dengan lancar menutup aplikasi yang baru mereka buka, apalagi mereka yang baru beralih dari penggunaan Windows ke macOS. Cukup membingungkan bukan?

Jika di Windows, aplikasi akan mati saat Anda menutup jendela aplikasi. Berbeda dengan macOS, ketika Anda mengklik tombol Tutup, jendela akan menghilang, tetapi aplikasi tetap terbuka di latar belakang.

Anda dapat memeriksa aplikasi mana yang terbuka dari Dock. Hal ini cukup membingungkan bagi sebagian pengguna Mac.

Untuk itu, berikut VOI akan memberitahu Anda tentang dua cara terbaik menutup aplikasi di macOS di bawah ini.

Perlu dicatat, selalu pastikan Anda menyimpan pekerjaan terbuka di aplikasi sebelum Anda keluar atau menutupnya. Misalnya, jika Anda bekerja di aplikasi Pages, pastikan Anda menyimpan perubahan apa pun ke dokumen Pages Anda sebelum keluar atau menutup aplikasi Pages.

Tutup Aplikasi di macOS dengan Menu

Cara pertama untuk menutup aplikasi di macOS adalah dengan menggunakan bilah menu. Jika Anda baru menggunakan Mac, ketahui bilah menu adalah hal yang Anda lihat berjalan di bagian atas layar Mac Anda.

Bilah menu terlihat seperti logo Apple di atasnya, di sebelah nama aplikasi yang saat ini dipilih, dan diikuti oleh item menu (biasanya termasuk File, Edit, View, dan lainnya).

Kemudian, gerakkan mouse Anda ke bilah menu macOS. Klik nama aplikasi di bilah menu. Di menu popup yang terbuka saat Anda mengklik nama aplikasi, sekarang klik Keluar (nama aplikasi). Ini akan secara otomatis keluar dari aplikasi.

Tutup Aplikasi di macOS Menggunakan Keyboard

Selain menggunakan bilah menu, Anda juga dapat melalui pintasan keyboard karena memungkinkan Anda melakukan tindakan lebih cepat.

Caranya, cukup tahan tombol Command di keyboard Mac Anda. Sembari menahan tombol Command, tekan juga tombol tab. Ini akan memunculkan pengalih menu cepat di layar Anda.

Tetap tahan tombol Command, tetapi lepaskan dan tekan tombol tab lagi. Ini akan memungkinkan Anda untuk menggunakan pengalih menu cepat untuk pindah ke aplikasi lain yang terbuka (dengan melepaskan tombol Command ketika kotak pilihan menu cepat telah mendarat di ikon aplikasi yang ingin Anda alihkan).

Tetapi untuk menutup aplikasi menggunakan metode ini, alih-alih melepaskan tombol Command saat kotak pengalih menu cepat dipilih pada aplikasi yang ingin Anda tutup, tetap tahan tombol Command dan sekarang juga tekan tombol Q. Ini akan secara otomatis menutup aplikasi. Demikian dikutip dari Know Your Mobile, Selasa, 8 November.