7 Jenis Investasi untuk Milenial yang Patut Dicoba, Terutama bagi Investor Melek Teknologi

YOGYAKARTA – Tak semua jenis investasi cocok dengan generasi milenial. Hal itu disebabkan karena gaya hidup, kebutuhan hidup, perubahan ekonomi, kemajuan zaman, dan masih banyak lagi. Meski begitu ada banyak jenis Investasi untuk milenial yang menawarkan kemudahan sekaligus keuntungan.

Investasi untuk Milenial

Investasi untuk milenial cenderung lebih dekat dengan teknologi, terutama terkait penerapannya. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang skema investasinya masih dibatasi oleh banyak aspek. Beberapa investasi yang cocok untuk generasi milenial adalah sebagai berikut.

  1. Emas

Meski investasi emas dilakukan oleh generasi boomer, generasi milenial masih bisa memanfaatkan emas sebagai produk investasi mereka. Hanya saja bentuk dan skema yang ditawarkan memiliki penyesuaian. Misalnya, milenial bisa berinvestasi emas digital melalui platform investasi online, sehingga investor tak perlu menyimpan emas fisik di rumah.

Keunggulan emas digital adalah tidak membutuhkan modal besar. Beberapa platform bahkan menawarkan investasi emas hanya dengan modal Rp100.000 hingga tak terhingga.

  1. Saham

Instrumen investasi ini mulai populer di Indonesia. Bahkan investor milenial mulai banyak menempatkan uang mereka di instrumen ini. Jenis investasi saham lebih cocok untuk milenial karena mereka lebih melek teknologi.

Pembelian saham bisa dilakukan secara online dan modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Namun Anda harus memiliki bekal pengetahuan terkait instrumen ini karena saham masuk dalam kategori jenis investasi yang berisiko tinggi namun menawarkan keuntungan yang tinggi pula.

  1. Reksadana

Reksadana adalah instrumen investasi yang dilakukan oleh sekumpulan investor yang menanamkan modal pada aset di pasar modal. Modal tersebut akan dikelola oleh pihak yang dinamakan dengan manajer investasi. Instrumen ini juga sangat cocok untuk generasi milenial karena lebih minim risiko.

Ada banyak platform yang menyediakan jasa investasi reksadana. Untuk mendapatkannya, pilihlah platform yang terpercaya yang secara legal terdaftar di pemerintah.

  1. Obligasi Pemerintah

Dengan adanya teknologi, investor milenial lebih mudah melakukan pembelian pada obligasi pemerintah (surat berhara negara). Dengan obligasi, investor akan mendapatkan keuntungan yang menggiurkan.

Obligasi yang ditawarkan pemerintah memiliki empat macam yakni Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Ritel, Saving Bond Ritel (SBR), dan Sukuk Tabungan.

  1. Kripto (Cryptocurrency)

Instrumen investasi ini tengah populer di Indonesia. Kripto adalah mata uang digital yang dipasarkan melalui platform Cryptocurrency. Untuk membeli aset ini dibutuhkan keterampilan yang beragam mulai dari teknologi hingga analisis.

Untuk mendapatkan aset kripto, Anda juga harus memiliki bekal yang cukup agar terhindar dari kerugian besar. Pembelian mata uang digital juga bisa dilakukan secara online.

  1. Non Fungible Token (NFT)

NFT adalah aset digital yang mewakili suatu barang dengan nilai tukar yang tinggi. Barang yang dimaksud bisa berupa karya seni digital, game, foto, dan masih banyak lagi. Seperti halnya kripto, investasi pada NFT membutuhkan banyak keterampilan dan pengetahuan. NFT saat ini juga tengah populer di kalangan milenial.

  1. Deposito

Produk deposito sudah ada sejak lama. Meski kurang diminati, instrumen ini mulai banyak dilirik oleh kaum milenial karena kemudahannya. Deposito bisa jadi cara menyimpan yang yang paling mudah dan aman asal sesuai aturan.

Deposito menawarkan keuntungan lewat bunga bank. Besarannya beragam, mulai dari 2,5 persen hingga hingga 3,15 persen, terganggung bank.

Itulah informasi terkait investasi untuk milenial. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.