Unggahan Foto Orangtua Mahsa Amini Turut Picu Protes, Jurnalis Iran Ditangkap Intelijen: Rumahnya Digeledah, Akun Twitter Ditangguhkan

JAKARTA - Niloofar Hamedi, seorang jurnalis Iran yang berspesialisasi dalam hak-hak perempuan, lolos dengan cerita-cerita keras selama bertahun-tahun, ditangkap aparat Iran, usai mengunggah foto orangtua Mahsa Amini, gadis Iran yang kematiannya menuai protes nasional.

Hamedi mengambil foto orang tua Mahsa Amini yang saling berpelukan di rumah sakit Teheran, di mana putri mereka terbaring dalam keadaan koma.

Foto itu, yang diunggah Hamedi di Twitter pada 16 September, adalah tanda pertama kepada dunia, bahwa semuanya tidak baik-baik saja dengan Amini (22), yang telah ditahan tiga hari sebelumnya oleh polisi moral Iran, karena pakaian yang mereka anggap tidak pantas.

Kematian Amini pada hari itu memicu gelombang protes massal di seluruh Iran yang masih berlangsung hampir tiga minggu kemudian di berbagai bagian negara itu, meskipun ada tindakan keras dari pemerintah.

Foto orang tua Amini juga merupakan salah satu hal terakhir yang Hamedi, bekerja untuk harian pro-reformasi Sharq, unggah sebelum dia ditangkap beberapa hari kemudian, dengan akun Twitternya terdaftar sebagai ditangguhkan.

"Pagi ini, agen intelijen menggerebek rumah klien saya Niloofar Hamedi, menangkapnya, menggeledah rumahnya, dan menyita barang-barangnya," kicau pengacara Hamedi, Mohammad Ali Kamfirouzi di Twitter pada 22 September, melansir Reuters 12 Oktober.

Hamedi belum didakwa dan ditahan di sel isolasi di penjara Evin Iran, tulisnya.

Menghadapi salah satu tantangan paling berani bagi Republik Islam sejak revolusi 1979, pihak berwenang telah menggunakan kekuatan untuk menekan unjuk rasa publik terbesar selama bertahun-tahun.

Setidaknya 185 orang, termasuk 19 anak di bawah umur, tewas, ratusan terluka dan ribuan ditangkap oleh pasukan keamanan, menurut kelompok hak asasi manusia. Pemerintah Iran mengatakan lebih dari 20 pasukan keamanan telah tewas dan akan menyelidiki kematian warga sipil.

Terpisah, Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ) telah meminta pihak berwenang Iran untuk "segera dan tanpa syarat membebaskan semua jurnalis yang ditangkap, karena liputan mereka tentang kematian Mahsa Amini dan protes yang mengikutinya".

Dikatakan bulan lalu, bahwa setidaknya 28 wartawan telah ditahan oleh pasukan keamanan, termasuk Hamedi.

Rekan-rekan Hamedi menggambarkannya sebagai jurnalis pemberani yang bersemangat tentang isu-isu dan hak-hak perempuan.

Artikel investigasinya mencakup topik-topik seperti bakar diri di antara perempuan yang menderita kekerasan dalam rumah tangga. Dia mewawancarai keluarga Sepideh Rashno, seorang penulis dan seniman Iran, yang ditangkap pada bulan Juli karena menentang aturan berpakaian di negara itu

"Dia selalu melampaui batasnya untuk menjadi suara wanita tak bersuara yang dirampas haknya, baik oleh ayah, suami, atau batasan sosial," kata salah satu temannya kepada Reuters, yang berbicara dengan syarat anonim karena takut akan pembalasan.

Diketahui pihak berwenang Iran telah menyalahkan kekerasan pada serangkaian musuh termasuk pembangkang bersenjata Kurdi Iran, dengan Pengawal Revolusi (IRGC) menyerang pangkalan mereka di negara tetangga Irak beberapa kali selama kerusuhan terbaru.

"Kami berharap Hamedi kembali ke kantor. Letakkan tasnya di atas meja, menulis tentang perempuan-perempuan tak dikenal yang menjadi korban prasangka di Iran," tulis editornya Shahrzad Hemmati pada 11 Oktober.