Protes dan Bentrokan Massa dengan Polisi Terus Berlangsung: Polisi Iran Ambil Tindakan Tegas, PBB Minta Menahan Diri
Unjuk rasa akibat kematian Mahsa Amini di Iran. (Wikimedia Commons/Darafsh)

Bagikan:

JAKARTA - Polisi anti huru-hara Iran dikerahkan di alun-alun utama Teheran pada Hari Rabu, untuk menghadapi orang-orang yang meneriakkan 'matilah diktator', ketika protes nasional atas kematian wanita muda Iran Mahsa Amini dalam tahanan polisi menambah tekanan pada pihak berwenang.

Meskipun jumlah korban tewas meningkat dan tindakan keras oleh pasukan keamanan menggunakan gas air mata, pentungan dan, dalam beberapa kasus, peluru tajam, video yang diunggah di media sosial menunjukkan rakyat Iran menyerukan diakhirinya kekuasaan Islam selama lebih dari empat dekade.

Protes telah berlanjut selama hampir dua minggu, menyebar ke setidaknya 80 kota dan kota-kota di sekitar Iran, dari Teheran ke pelabuhan tenggara Chabahar.

"Kami akan berjuang, kami akan mati, kami akan merebut kembali Iran," teriak pengunjuk rasa di lingkungan Ekbatan Teheran, sebuah video yang diunggah di Twitter menunjukkan, melansir Reuters 28 September.

Sebuah video dari Chabahar, menunjukkan polisi anti huru hara menembakkan gas air mata untuk membubarkan pengunjuk rasa, meneriakkan "Matilah (Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali) Khamenei".

Sementara itu, komando polisi Iran mengatakan pasukannya akan menindak keras para pengunjuk rasa yang turun ke jalan, mengutip The National News.

protes mahsa amini iran
Unjuk rasa akibat kematian Mahsa Amini di Iran. (Wikimedia Commons/Darafsh)

Komando polisi mengatakan bahwa “petugas akan menentang dengan sekuat tenaga konspirasi kontra-revolusioner dan elemen musuh, dan menangani dengan tegas mereka yang mengganggu ketertiban umum dan keamanan di mana pun di negara ini,” menurut kantor berita Fars.

Media pemerintah mengatakan 41 orang, termasuk anggota polisi dan milisi pro-pemerintah, tewas selama protes. Sementara, kelompok hak asasi manusia Iran telah melaporkan jumlah korban yang lebih tinggi, mencapai 76 orang.

Terpisah, Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia telah meminta penguasa ulama Iran, untuk "menghormati sepenuhnya hak atas kebebasan berpendapat, berekspresi, berkumpul dan berserikat secara damai".

Dalam sebuah pernyataan dari kantor hak asasi manusia PBB pada Hari Selasa, juru bicara Ravina Shamdasani mengatakan, laporan mengindikasikan "ratusan orang telah ditangkap, termasuk pembela hak asasi manusia, pengacara, aktivis masyarakat sipil dan setidaknya 18 wartawan".

Diketahui, Mahsa Amini (22), dari kota Kurdi barat laut Saqez, ditangkap pada 13 September di Teheran karena 'pakaian yang tidak sesuai' oleh polisi moral, yang menegakkan aturan berpakaian ketat Republik Islam.

Dia meninggal tiga hari kemudian di rumah sakit setelah mengalami koma, memicu demonstrasi besar pertama tentang oposisi di jalan-jalan Iran, sejak pihak berwenang menghancurkan protes terhadap kenaikan harga bensin pada 2019.