Alasan Orang Enggan Membeli Mobil Listrik, Pertimbangkan Dulu Deh Sebelum Membeli

YOGYAKARTA - Meskipun mobil listrik menerima lebih banyak perhatian positif dan menjadi lebih umum, adopsinya lambat. Ini adalah tipikal dari setiap teknologi baru. Sebagian karena fakta bahwa orang tidak mempercayai teknologi kendaraan listrik (Electric Vehicle) dan memiliki banyak keraguan. Faktanya, masih banyak orang yang tidak berpikir EV bisa menggantikan mobil berbahan bakar bensin lalu apa alasan orang enggan membeli mobil listrik? Sementara banyak pembuat mobil membuat langkah dalam elektrifikasi, tampaknya sebagian besar belum siap untuk melakukan transisi. 

Ada beberapa alasan jelas mengapa publik tidak membeli EV, seperti biaya di muka, kurangnya ketersediaan, dan kecemasan jangkauan. Namun, banyak mitos telah mengaburkan segmen ini untuk beberapa waktu sekarang. Beberapa mitos ini mungkin agak valid dalam keadaan tertentu atau mungkin benar di masa lalu, tetapi zaman berubah dan teknologi telah meningkat secara drastis sejak EV pertama kali memasuki pasar.

Saat ini, EV terdiri kurang dari 2% dari pasar otomotif di AS. Ini berarti akan membutuhkan waktu bertahun-tahun sebelum adopsi meluas. Namun, dengan banyaknya produsen mobil yang membawa kendaraan listrik ke pasar dalam waktu dekat, pertumbuhan semakin cepat. Seiring waktu, dengan lebih banyak kendaraan listrik yang tersedia, peningkatan penyebaran infrastruktur pengisian daya, dan pengurangan biaya produksi dan baterai, segmen EV harus mulai berkembang.

Teruslah membaca untuk mempelajari mengapa banyak argumen yang menentang EV tidak selalu valid, dan untuk melihat apakah mobil listrik akan menjadi pilihan yang baik untuk Anda – baik sekarang, atau di masa depan.

Alasan Orang Enggan Membeli Mobil Listrik

Ilustrasi Mobil Listrik (Unsplash)

Rentang Kecemasan

Salah satu perhatian utama bagi pembeli EV adalah jangkauan. Beberapa mobil listrik dapat menandingi kisaran sebagian besar kendaraan bertenaga gas.

Plug-in hybrids (PHEVs) seperti Chevrolet Volt, Prius Prime, dan Honda Clarity Plug-In Hybrid adalah pilihan terbaik jika jangkauan menjadi perhatian. Mereka menawarkan sejumlah jangkauan listrik murni, bersama dengan mesin bertenaga gas untuk perluasan jangkauan. Beberapa PHEV sebenarnya memiliki jangkauan yang lebih luas daripada mobil tradisional karena efisiensi dan beberapa powertrain.

Dengan itu, jangkauan tumbuh untuk kendaraan listrik sepenuhnya. Sebagian besar EV saat ini menawarkan jangkauan lebih dari cukup untuk mencakup perjalanan dan tanggung jawab harian rata-rata pengemudi. Nissan Leaf dinilai hingga 226 mil, Chevrolet Bolt memiliki jangkauan 259 mil, Hyundai Kona Electric menawarkan 258 mil, dan semua kendaraan Tesla melampaui 300 mil dengan muatan penuh. Tesla Model S Long Range baru saja mencapai kisaran 402 mil yang diperkirakan EPA, yang jauh melebihi setiap EV hingga saat ini. Perlu dicatat bahwa, dalam beberapa kasus, Anda harus memilih level trim yang lebih tinggi untuk mendapatkan jangkauan maksimal.

Waktu Pengisian Lambat

Dibutuhkan lebih lama untuk mengisi EV daripada untuk memompa gas, tetapi waktu pengisian berkurang karena teknologi pengisian meningkat. Selain itu, jika Anda mengisi daya di rumah semalaman, semudah mencolokkannya sebelum tidur dan mencabut di pagi hari. Itu berarti tidak ada lagi perjalanan ke pompa bensin dan tidak ada lagi tangan yang bau atau asap beracun.

Jika Anda harus mengisi daya di jalan, kecepatan pengisian daya sangat bervariasi, dan bergantung pada kendaraan dan pengisi daya. Biasanya, pengisi daya EV terletak di rute perjalanan umum di area di mana Anda dapat makan atau berbelanja sambil menunggu, dan Anda tidak perlu tinggal dengan kendaraan saat mengisi daya. Berkat teknologi pengisian cepat publik terbaru, beberapa mobil listrik dapat menempuh jarak ratusan mil hanya dalam 15 hingga 20 menit.

Harga Tinggi

Mobil listrik seringkali lebih mahal di depan daripada kendaraan bertenaga gas yang sebanding. “Kejutan stiker” dapat membuat pembeli menjauh dari EV, terutama karena harga awal lebih dipertimbangkan secara luas daripada biaya keseluruhan untuk memiliki.

Listrik jauh lebih murah daripada gas, dan EV sangat efisien, sehingga Anda akan dikenakan biaya lebih sedikit per mil untuk mengendarai mobil listrik. EV juga membutuhkan perawatan yang sangat sedikit. Ada lebih sedikit bagian yang bergerak, dan hampir tidak ada cairan yang diganti. Apalagi motor listrik cenderung bekerja dalam waktu yang sangat lama tanpa ada perawatan rutin. Misalnya, Chevrolet Bolt hampir tidak memerlukan perawatan untuk 150.000 mil pertama.

Selain menghemat uang untuk bensin dan servis, sebagian besar kendaraan listrik memenuhi syarat untuk potongan pajak hingga $7.500 dari pemerintah AS. Jika Anda memperhitungkan penghematan ini selama masa pakai kendaraan, EV mungkin tidak lebih mahal untuk dimiliki.

Kredit pajak pada akhirnya akan hilang, tetapi harga baterai turun. Selain itu, ketika pembuat mobil mulai membuat EV dalam volume yang lebih besar, biaya produksi pada akhirnya akan turun untuk mencapai keseimbangan harga dengan kendaraan tradisional.

Anda juga dapat mempertimbangkan mobil listrik yang digunakan dengan lembut. Depresiasi mobil listrik saat ini cukup tinggi, sehingga mobil listrik bekas umumnya murah.

Baterai Akan Habis

Sebagian besar model semua-listrik belum cukup lama untuk mengumpulkan jumlah mil yang berlebihan, dan ada banyak variabel kompleks yang terkait dengan degradasi baterai.

Meskipun demikian, studi yang sedang berlangsung terhadap kendaraan Tesla menunjukkan bahwa setelah 150.000 mil, sebagian besar baterai hanya kehilangan 8% dari kapasitasnya. Pada tingkat ini, baterai ini dapat mempertahankan kapasitas 80% pada 500.000 mil dan berpotensi bertahan lebih dari satu juta mil. Umur rata-rata mobil bensin adalah sekitar 140.000 mil.

Bahaya kebakaran

Karena beberapa kecelakaan kendaraan listrik yang dipublikasikan yang mengakibatkan kebakaran, beberapa orang percaya EV adalah bahaya kebakaran. Namun, setiap hari ada kebakaran kendaraan yang tak terhitung jumlahnya dari kecelakaan yang melibatkan mobil bensin, tetapi hanya sedikit yang membuat berita karena itu sangat umum.

Baterai yang digunakan dalam EV adalah jenis lithium-ion yang sama yang ditemukan di laptop dan ponsel. Meskipun selalu ada kemungkinan perangkat elektronik apa pun dapat terbakar, seberapa sering kita khawatir tentang laptop atau perangkat seluler kita yang terbakar secara spontan? Di sisi lain, Anda sebaiknya bertaruh bahwa kebanyakan orang berhati-hati saat menggunakan bensin karena sifatnya yang sangat mudah terbakar dan potensi bahaya kebakaran.

Performa Di Bawah Standar

Ketika kendaraan listrik pertama kali datang ke pasar, beberapa orang bercanda membandingkannya dengan kereta golf. Ini karena efisiensi lebih penting daripada kinerja. Mari kita hadapi itu: Toyota Prius dan Nissan Leaf generasi pertama bukanlah setan kecepatan. Selain itu, mereka adalah mobil kecil dengan eksterior yang bisa dibilang terpolarisasi.

EV saat ini jauh lebih maju, dan menjadi lebih umum untuk menemukan powertrain EV di mobil dan SUV sporty. Sistem propulsi listrik mereka memberikan torsi instan dan waktu nol hingga 60 mph yang mengesankan, yang merupakan metrik yang pasti akan Anda perhatikan dalam berkendara sehari-hari. Kendaraan Tesla dapat dengan mudah berlari lebih cepat dari kebanyakan supercar bertenaga gas, dan dengan harga yang lebih rendah. Sementara banyak mobil listrik masih tidak menawarkan kecepatan tertinggi yang sebanding dengan mobil bensin, kecuali jika Anda melanggar hukum, Anda mungkin tidak akan menyadarinya.

Setelah memahami alasan orang enggan membeli mobil listrik, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!