Mau Tahu Bagaimana Perawatan Mobil Listrik? Tidak Susah kok Ternyata
Ruang mesin Hyundai Ioniq 5. (Dok. Hyundai)

Bagikan:

JAKARTA - Terdapat beberapa alasan mengapa sebagian orang masih enggan untuk membeli mobil listrik. Salah satunya adanya kekhawatiran tentang perawatan mobil listrik, seperti biaya penggantian baterai yang mahal dan kebutuhan untuk mengganti baterai setelah beberapa tahun. 

Namun, kini sebagian besar produsen mobil listrik menawarkan jaminan baterai selama beberapa tahun, dan biaya penggantian baterai telah turun seiring dengan perkembangan teknologi baterai yang lebih murah.

Selain itu, bisa juga karena belum terbiasa dengan teknologi mobil listrik dan tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara merawat dan menggunakannya. Namun, dengan semakin banyaknya informasi dan sumber daya yang tersedia, kesadaran tentang mobil listrik terus meningkat dan semakin banyak orang yang menjadi tertarik pada teknologi ini.

Lalu bagaimana sebenarnya perawatan mobil listrik ini sebenarnya? 

Menurut Suprayetno, selaku Head of Service Planning and Strategy Hyundai Motors Indonesia, perawatan mobil listrik tidak jauh berbeda dengan mobil konvensional. Perawatan mobil listrik dilakukan dihitung berdasarkan kilometer mobil atau per 15.000 km di bengkel resmi.

"Dapat kami sampaikan untuk perawatan mobil listrik itu tidak jauh berbeda dengan mobil konvensional. Perawatan berkala dilakukan setiap 15.000 km di Bengkel Resmi Hyundai," ujar Suprayetno kepada VOI, Senin 20 Maret.

Meski perawatannya tidak jauh berbeda dengan mobil konvensional, Suprayetno menjelaskan jika ada beberapa hal penting yang perlu diketahui pemilik mengenai perawatan mobil listrik terutama Hyundai, apa saja?

  1. Sediakan satu liter pelumas untuk motor penggerak dan sifatnya long life fluid atau setara 200.000 km / 10 tahun.
  2. Penggantian cairan radiator untuk pendingin baterai atau EV coolant setiap 60.000 Km.
  3. Pengecekan sistem pengereman dilakukan setiap 15.000 kilometer. Sementara, penggantian minyak rem (brake fluid) setiap kelipatan 30.000 kilometer.
  4. Termasuk penggantian Cabin Air Filter setiap 15.000 km untuk memastikan kondisi sirkulasi udara bersih di dalam ruang kabin kendaraan.
y
Interior Hyundai Ioniq 5. (Dok. Hyundai)

Walaupun harga mobil listrik tergolong mahal, namun perawatan dan pemeliharaannya relatif murah. Terlebih lagi bagi pengguna mobil listrik Hyundai, mereka memberikan Gratis Jasa Perawatan sampai dengan 75.000 km atau lima tahun serta gratis suku cadang perawatan berkala sampai dengan 45.000 km/3 tahun.

Selain itu, Hyundai memberikan garansi dasar tiga tahun atau mencapai 100.000 km dan garansi baterai selama delapan tahun atau kendaraan mencapai 160.000 km.

Hyundai juga menyediakan fasilitas yang mempermudah perawatan dan memberikan pengalaman worry-free kepada pelanggan lewat fitur service dari @myHyundai.