MotoGP Masukkan Grand Prix India untuk Musim 2023

JAKARTA — MotoGP secara resmi menambahkan Grand Prix pertama mereka di India ke dalam kalender balapan musim 2023. Jadwal sementara untuk musim depan pun diharapkan segera diumumkan.

Sebelum MotoGP dalam pernyataan baru-baru ini mengurai rencana balapan di India dalam waktu dekat. Namun, pernyataan terbaru mengonfirmasi balapan di sana dimulai tahun depan.

"Kami sangat bangga mengumumkan bahwa Sirkuit Internasional Buddh akan masuk dalam kalender 2023," ujar CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta di situs resmi MotoGP, Jumat siang.

Sirkuit Internasional Buddh yang terletak di Uttar Pradesh di selatan New Delhi, sebelumnya pernah menjadi tuan rumah Grand Prix F1 dari 2011 sampai 2013.

MotoGP dihadirkan di India karena negara itu punya kekuatan ekonomi yang menjanjikan dengan jumlah populasi lebih dari 1,4 miliar orang. Selain itu, di sana juga tercatat ada setidaknya 200 juta sepeda motor yang berkeliaran di jalanan.

Di India transportasi roda dua menyumbang hampir 75 persen dari total jumlah kendaraan yang digunakan setiap hari. Ini menjadikan India salah satu pasar sepeda motor terbesar di dunia.

"Kami memiliki banyak penggemar di India dan kami senang dapat membawa olahraga ini kepada mereka. India juga merupakan pasar utama untuk industri sepeda motor," ujar Ezpeleta.

"Kami sangat menantikan balapan di Sirkuit Internasional Buddh dan tidak sabar untuk menyambut para penggemar di gerbang untuk melihat olahraga luar biasa ini secara langsung," ia menambahkan.

India adalah negara terbaru yang masuk MotoGP 2023. Sebelumnya, di awal pekan ini penyelenggara balapan paling bergengsi itu sudah memasukkan Kazakhstan dalam kalender balap.

Dengan demikian, MotoGP 2022 akan menjadi balapan terpanjang dalam sejarah Grand Prix sepeda motor. Total akan ada 22 seri balapan jika India dan Kazakhstan akan tetap menggelar lomba.

Masuknya India dan Kazakhstan menandai kehadiran besar-besaran MotoGP di kawasan Asia. Selain di dua negara itu, MotoGP juga tetap hadir di Malaysia, Indonesia, Thailand, Jepang, dan Qatar.

Musim 2023 akan dimulai pada 26 Maret di Portugal karena Sirkuit Losail di Qatar, yang lazim menjadi seri perdana, sedang dalam peningkatan fasilitas untuk menyambut kembalinya F1 ke negara itu tahun depan.