Presiden Toyota Motor Akui Sulit untuk Memenuhi Larangan Penjualan Mobil Bensin pada 2035

JAKARTA - Presiden Toyota Motor Corp, Akio Toyoda, mengatakan persyaratan nol-emisi baru dari negara bagian California yang berusaha untuk mengakhiri penjualan kendaraan bensin baru pada tahun 2035 akan "sulit" untuk dipenuhi.

"Secara realistis, tampaknya agak sulit untuk benar-benar mencapainya," kata Toyoda pada Kamis 29 September melalui seorang penerjemah selama wawancara meja bundar dengan wartawan.

Toyoda, yang memimpin perusahaan sejak 2009, membela strategi Toyota dan rencana pengembangan kendaraan listrik, yang dikritik oleh beberapa kelompok lingkungan dan investor yang ingin perusahaan bergerak lebih cepat untuk mengadopsi kendaraan listrik baterai (BEV).

"Tapi seperti mobil yang sepenuhnya otonom, kita semua seharusnya mengemudi sekarang, BEV hanya akan memakan waktu lebih lama untuk menjadi arus utama daripada yang media ingin kita percayai," kata Toyoda yang dikutip Reuters.

Pembuat mobil menghadapi tekanan yang meningkat dari regulator untuk menjual lebih banyak kendaraan tanpa emisi. Gubernur New York Kathy Hochul mengatakan pada Kamis lalu bahwa negara bagian juga berencana untuk mengadopsi persyaratan seperti halnya California.

Pada Agustus lalu, Toyota mengatakan akan meningkatkan investasi yang direncanakan di pabrik baterai baru AS dari 1,29 miliar dolar AS (Rp 19,6 triliun) menjadi 3,8 miliar dolar AS (Rp 57,8 triliun), sebagian sebagai tanggapan atas meningkatnya permintaan konsumen untuk kendaraan listrik. Toyota, merek mobil terlaris di California, bulan lalu mengakui otoritas negara bagian untuk menetapkan standar emisi kendaraan di bawah Undang-Undang Udara Bersih AS.

Toyoda, cucu dari pendiri perusahaan, mengatakan dalam video pada Rabu 28 September bahwa "bermain untuk menang berarti bermain dengan semua kartu di geladak - bukan hanya beberapa yang terpilih. Jadi itulah strategi kami dan kami berpegang teguh pada itu." Video hari sebelumnya diputar di acara hari Kamis.

Toyoda membandingkan pembuat mobil itu dengan "toko serba ada" yang menjual berbagai kendaraan kepada pelanggan dengan kebutuhan yang berbeda.

Toyoda menguraikan tantangan untuk adopsi EV termasuk dampak pada jaringan listrik dan kurangnya akses mudah ke listrik oleh sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia.

Dealer Toyota, Steve Gates, yang beroperasi di Kentucky dan Indiana, mengatakan pendekatan produsen mobil tersebut dalam menjual berbagai kendaraan masuk akal. "Anda tidak bisa mencari nafkah hanya dengan menjual EV," kata Gates.

“Visi perusahaan Toyota adalah untuk memberikan kebebasan mobilitas bagi semua orang dan kami tidak ingin meninggalkan siapa pun," tambah Toyoda.

Tahun lalu, pembuat mobil Jepang ini berkomitmen sekitar 30 miliar dolar AS (Rp456,9 triliun) untuk mengembangkan kendaraan listrik baterai. Perusahaan mengharapkan penjualan tahunan mobil semacam itu hanya mencapai 3,5 juta kendaraan pada akhir dekade ini, sekitar sepertiga dari penjualan tahunan mobil bertenaga bensin saat ini.