Bermitra dengan Wallbox, Fisker Akan Buat Ekosistem Pengisi Daya EV Rumah

JAKARTA - Fisker Inc. perusahaan pembuat kendaraan listrik dan solusi mobilitas canggih di dunia mengumumkan kemitraanya dengan Wallbox, penyedia kendaraan listrik dan solusi manajemen energi terkemuka di seluruh dunia, pada Selasa, 20 September.

Dalam kemitraan tersebut, Kedua perusahaan tersebut akan menawarkan pemilik EV Fisker, pengisi daya EV rumah Wallbox untuk dibeli melalui situs web Fisker di Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa, kata Fisker dalam siaran pers.

Pengisi daya pintar Wallbox Pulsar Plus akan tersedia bagi pemegang reservasi Fisker Ocean mulai November 2022 di AS dan Kanada. 

Sedangkan pengisi daya pintar Wallbox Pulsar Max akan tersedia bagi pemegang reservasi Fisker Ocean mulai November 2022 di pasar Eropa, yang mencakup Austria, Denmark, Prancis, Jerman, Norwegia, Swedia, dan Inggris.

Meski demikian, Fisker dan Wallbox belum mengumumkan harga yang harus dikeluarkan oleh pengguna. Namun, perusahaan menjanjikan bahwa mereka akan mengumumkannya segera. 

"Fisker berfokus pada laser untuk memberi pelanggan kami teknologi yang sederhana dan intuitif yang dikombinasikan dengan desain cerdas untuk membuat memiliki EV lebih mudah," kata Ketua dan CEO Henrik Fisker dalam siaran persnya. 

"​​Bersama dengan Wallbox, kami menyediakan pengisi daya terkemuka di kelasnya dengan harga bersaing untuk pemilik Fisker," tambahnya. 

Tidak hanya pengisi daya rumah, Fisker dan Wallbox juga berencana untuk menawarkan layanan instalasi rumah yang disediakan oleh Wallbox di Eropa. Di AS dan Kanada, layanan pemasangan akan disediakan oleh COIL, akuisisi Wallbox baru-baru ini.

"Membuat pengisian daya di rumah dapat diakses adalah kunci untuk mempercepat transisi ke EV secara global, dan bermitra dengan Fisker akan memungkinkan kami untuk mendukung lebih banyak pengemudi saat mereka melakukan transisi," kata Douglas Alfaro, General Manager Wallbox Amerika Utara. 

Produksi Fisker Ocean direncanakan mulai pada 17 November 2022, di pabrik netral karbon di Graz, Austria, dan pengiriman produk ke pelanggan akan segera dimulai.