Bank Investasi Terbesar di Jepang Bentuk Cabang Modal Ventura untuk Investasi Crypto dan Blockchain

JAKARTA - Nomura, salah satu bank investasi terbesar di Jepang, telah membentuk cabang modal ventura yang bertujuan untuk berinvestasi di perusahaan yang berfokus pada crypto dan blockchain.

Dalam pengumuman Rabu, 21 September Nomura mengatakan bisnis, bernama Laser Digital, akan “memberikan nilai baru di bidang aset digital” untuk klien di bawah perusahaan induk Laser Digital Holdings AG yang berbasis di Swiss.

Bank investasi ini mengatakan memilih Swiss berdasarkan “rezim peraturan yang kuat untuk aset digital dan proyek blockchain” selain berpotensi merekrut bakat.

“Tetap menjadi yang terdepan dalam inovasi digital adalah prioritas utama bagi Nomura,” kata presiden dan CEO grup Nomura Holdings Kentaro Okuda, seperti dikutip Cointelegraph.

Produk modal ventura Laser Digital, Laser Venture Capital, akan fokus pada investasi termasuk keuangan terpusat, keuangan terdesentralisasi, Web3 dan infrastruktur blockchain.

Laser Digital mengatakan pihaknya berencana untuk mengumumkan produk dan layanan tambahan "selama beberapa bulan mendatang" yang ditujukan untuk perdagangan sekunder dan produk investor.

Sebagai salah satu bank terbesar di Jepang, Nomura Holdings dilaporkan memiliki aset kotor senilai  454,8 miliar dolar AS yang dikelola pada Juni 2022 dengan nilai tukar saat ini dengan yen yang secara historis lemah.

Cointelegraph melaporkan pada  Mei lalu bahwa Nomura berencana untuk meluncurkan anak perusahaan crypto yang ditujukan untuk investasi dalam crypto dan token yang tidak dapat dipertukarkan yang akan berbasis di luar Jepang dengan dewan direksi yang dikelola oleh transplantasi Jepang sampai dapat memperoleh bakat lokal.