Tegaskan Kembali Dukungan Inggris untuk Ukraina, PM Truss Terima Undangan Presiden Zelensky Berkunjung ke Kyiv

JAKARTA - Perdana Menteri Inggris Liz Truss menerima undangan untuk mengunjungi Ukraina, menegaskan kembali dukungan untuk Kyiv dalam perang melawan invasi Rusia, saat melakukan panggilan telepon dengan Presiden Volodymyr Zelensky.

Inggris menjadi salah satu pendukung internasional paling vokal Ukraina dengan mengirimkan hampir 7.000 senjata anti-tank, ratusan rudal dan kendaraan tempur lapis baja. Mereka juga melatih tentara Ukraina.

"Perdana menteri berbicara kepada Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, malam ini untuk menegaskan kembali dukungan teguh Inggris untuk kebebasan dan demokrasi Ukraina," menurut Kantor PM Truss, melansir Reuters 7 September.

"Perdana menteri mengatakan, dia menantikan untuk bekerja dengan Presiden dalam beberapa minggu dan bulan mendatang, dengan senang hati menerima undangan untuk mengunjungi Presiden Zelensky di Ukraina segera."

Juli lalu, Truss mengatakan dia akan menjadi 'teman terbaik', Ukraina jika terpilih sebagai PM Inggris dan akan segera menelepon Presiden Zelensky.

Ketika itu Truss mengatakan, dia akan bekerja dengan sekutu, untuk menyediakan lebih banyak senjata dan bantuan kemanusiaan ke Ukraina.

"Sebagai perdana menteri saya akan menjadi teman terbaik Ukraina, mengikuti jejak Boris Johnson, berkomitmen sepenuhnya untuk memastikan (Presiden Rusia Vladimir) Putin gagal di Ukraina dan menderita kekalahan strategis, dan bahwa Rusia dibatasi di masa depan," ujar Truss.