CONCACAF Pelajari Kuota untuk Piala Dunia 2026

JAKARTA - Piala Dunia 2026 akan menjadi pusat perhatian CONCACAF. Pasalnya, turnamen akbar empat tahunan tersebut akan diadakan di Meksiko, Kanada, dan Amerika Serikat.

Akibatnya, FIFA harus mempertimbangkan berapa banyak tempat kualifikasi yang akan didapat konfederasi, dengan delapan peserta berasal dari wilayah tersebut.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengonfirmasi bahwa CONCACAF akan memiliki enam slot langsung di mana tiga di antaranya langsung ke negara penyelenggara.

Tiga lainnya akan diperebutkan oleh negara lain di kualifikasi. Dengan keluarnya tiga raksasa kawasan ini yang berperan sebagai tuan rumah, beberapa tim dengan sedikit atau tanpa pengalaman Piala Dunia akan dapat bermimpi besar.

Selain enam tempat itu, dua tempat lagi juga akan diperebutkan melalui babak playoff. Itu berarti, CONCACAF bisa memiliki kuota dua kali lebih banyak dibandingkan dengan Piala Dunia sebelumnya.

Peningkatan jumlah tim ini juga karena perubahan format dalam Piala Dunia, yang akan berubah dari 32 menjadi 46 tim pada 2026. Akibatnya, berbagai konfederasi akan mengalami peningkatan kuota.