Statistik Grand Prix Belanda di Zandvoort
Sirkuit Zandvoort, (Instagram @f1dutchgp)

Bagikan:

JAKARTA - Berikut ini statistik Grand Prix Belanda di Sirkuit Zandvoort, yang menjadi tuan rumah balapan seri ke-15 dari 22 dalam kalender Formula 1 2022.

  • Jarak satu lap: 4,259km
  • Jarak total balapan: 306,587km (72 lap)
  • Pole position 2021: Max Verstappen (Belanda) Red Bull, satu menit 8,885 detik
  • Juara 2021: Verstappen
  • Rekor lap: Lewis Hamilton (Inggris) Mercedes 1:11.097, 2021
  • Start: 20.00 WIB

Dilansir dari Antara, Formula 1 pertama kali digelar di sirkuit yang berlokasi di sekitar pesisir bergunung pasir itu pada 1952, saat Alberto Ascari mendominasi balapan dengan membantu Ferrari finis 1-2-3.

Seperti Silverstone, Zandvoort pertama dibuka pada 1948 sebagai hiburan para pecinta otomotif di Eropa pascaperang.

Lintasan asli sirkuit merupakan perpaduan trek permanen dan jalan raya yang meliuk-liuk melewati gunung pasir di kota pesisi Zandvoort.

Dutch Automobile Racing Club, yang menginisiasi rencana untuk sirkuit itu, meminta bantuan juara Le Mans 1927 Sammy Davis sebagai konsultan untuk trek asli Zandvoort sepanjang 4,2km tersebut, demikian catatan resmi F1.

Balapan tahun lalu merupakan GP Belanda pertama sejak terakhir kali digelar di Zandvoort pada 1985. Seharusnya F1 kembali digelar di Belanda pada 2020 namun terkendala pandemi.

Dua tikungan terakhir Zandvoort memiliki sudut kemiringan yang lebih curam dari yang dimiliki Indianapolis Motor Speedway. Sedangkan jalur pit sepanjang 235m merupakan yang terpendek dalam kalender musim ini.

Max Verstappen tiba di Zandvoort berbekal tiga kemenangan beruntun dan kesembilan pada musim ini.

Red Bull memenangi 10 dari 14 balapan, sisanya dipegang Ferrari. Verstappen dengan sembilan kemenangan, Charles Leclerc dan Carlos Sainz masing-masing tiga dan satu untuk Ferrari, serta Sergio Perez menyumbang satu kemenangan untuk Red Bull.

Verstappen memimpin klasemen dengan keunggulan 93 poin dari Perez. Red Bull mengungguli Ferrari 118 poin pada klasemen konstruktor.

Lewis Hamilton memegang rekor 103 kemenangan dalam karier dengan 188 podium dari 302 start. Sang juara dunia tujuh kali terakhir kali memenangi balapan ketika di Arab Saudi pada Desember tahun lalu, sekarang merasakan rentetan balapan terpanjang tanpa kemenangan.

Leclerc meraih tujuh pole tahun ini, Verstappen tiga, Sainz dua, Perez dan George Russell masing-masing satu.

Hamilton juga memiliki rekor 103 pole, paling terkini di Arab Saudi tahun lalu.

Verstappen akan ditunggu atmosfer pesta saat menuju balapan di kampung halamannya itu sebagai juara dunia, mengincar kemenangan ke-10 musim ini.

Pebalap Belanda itu tampil sensasional memenangi GP Belgia pekan lalu meski start dari P14 karena penalti terkait mesin dan girboks.