Bagikan:

JAKARTA - Pembalap McLaren,  Lando Norris berhasil mengakhiri dominasi Max Verstappen di pole position Zandvoort dalam sesi kualifikasi Grand Prix Belanda pada Sabtu, 24 Agustus 2024. Norris menjadi pembalap pertama yang berhasil mengungguli Verstappen di sirkuit rumahnya, dengan catatan waktu terbaik 1 menit 09.673 detik.

Meski Verstappen, yang memimpin klasemen kejuaraan, telah menempati pole di Zandvoort setiap tahun sejak 2021, ia harus puas berada di posisi kedua, terpaut 0.356 detik dari Norris. Di posisi ketiga, rekan setim Norris, Oscar Piastri, memastikan dominasi McLaren di barisan depan, diikuti oleh George Russell dari Mercedes di posisi keempat.

"Saya merasa nyaman di luar sana. Mobil terasa luar biasa. Kami memiliki beberapa peningkatan dan semuanya bekerja dengan sangat baik," ujar Norris dengan penuh percaya diri setelah sesi kualifikasi.

Verstappen, meski gagal meraih pole, tetap optimistis menghadapi balapan. "Saya mencoba sebaik mungkin. Saya masih senang berada di barisan depan. Besok pasti akan sulit, tetapi kami akan memberikan yang terbaik," kata Verstappen, yang masih memimpin klasemen dengan selisih 78 poin dari Norris setelah 14 dari 24 balapan.

Sesi kualifikasi ini juga mencatatkan posisi kelima untuk Sergio Perez dari Red Bull, diikuti oleh Charles Leclerc dari Ferrari dan Fernando Alonso dari Aston Martin di posisi ketujuh. Lewis Hamilton dari Mercedes harus puas memulai balapan dari posisi 12, setelah mengalami masalah dalam sesi kualifikasi dan diduga menghalangi Perez, yang membuatnya dipanggil oleh steward.

Dengan Norris yang berhasil merebut pole keempat dalam karirnya, dan Verstappen yang masih berada di posisi kedua, balapan di Zandvoort dipastikan akan berlangsung sengit.