Resmi Berkostum Manchester United dengan Nilai Transfer 1,4 Triliun, Antony: Momen Luar Biasa dalam Karier Saya

JAKARTA — Manchester United telah menyelesaikan penandatanganan Antony dari Ajax Amsterdam dengan biaya transfer sebesar 82 juta poundsterling atau Rp1,4 triliun.

Klub yang bermarkas di Old Trafford itu mengumumkan melalui situs resmi mereka pada Kamis, 1 September siang WIB. Antony dikontrak berdurasi lima tahun.

"Manchester United telah menyelesaikan transfer Antony dari Ajax. Dia telah menandatangani kontrak hingga 2027, dengan opsi satu tahun tambahan," tulis Setan Merah dalam situs resmi mereka.

Pemain internasional Brasil ini merupakan penandatanganan termahal keempat dalam sejarah Liga Premier Inggris. Angka yang dikeluarkan MU pun sempat mendapat kritik beberapa pihak karena dinilai terlalu besar.

Pelatih Ajax Alfred Schreuder bahkan terang-terangan tidak sepakat dengan kebijakan transfer Setan Merah. Ia menilai Antony tidak pantas dibeli dengan harga sedemikian mahal.

Antony total mencetak 31 gol dan 27 assist dalam 134 penampilan klub untuk Ajax dan Sao Paulo. Ia juga mencatat dua gol dan dua assist dalam sembilan penampilan bersama timnas Brasil.

Selama membela Ajax ia berhasil memenangkan dua gelar Eredivisie. Adapun bersama tim Samba, ia menyabet satu medali emas di Olimpiade Musim Panas 2020.

"Ini momen luar biasa dalam karier saya untuk bergabung dengan salah satu klub paling ikonik di dunia. Saya berterima kasih kepada semua orang yang telah percaya pada saya, terutama keluarga saya, dan semua pelatih dan rekan satu tim saya, karena saya tidak bisa sampai di sini tanpa mereka," ujar Antony.

"Bermain di bawah asuhan Erik ten Hag di Ajax sangat cocok untuk saya dan perkembangan saya. Gaya sepak bola dan kepelatihannya memunculkan yang terbaik dalam diri saya, dan saya senang dengan apa yang dia katakan kepada saya tentang rencana dan ambisinya di Manchester," tambah dia.

Antony adalah pembelian kelima MU musim ini setelah Casemiro, Tyrell Malacia, Lisandro Martinez, dan Christian Eriksen. Nanti akan menyusul kiper Newcastle Martin Dubravka yang akan bergabung dengan status pinjaman.