Rusia Pamerkan Versi Ekspor Tank Tempur Utama T-14 Armata untuk Pertama Kali

JAKARTA - Produsen senjata negara Rusia Rosoboronexport memamerkan versi ekspor tank tempur utama Armata mutakhir di forum teknis militer internasional Angkatan Darat 2022 beberapa waktu lalu.

Tank ini berada di etalase perusahaan di antara persenjataan berorientasi ekspor lainnya. Eksportir senjata negara Rusia itu belum pernah mendemonstrasikan tank T-14 Armata sebelumnya.

Sebelumnya, versi ekspor tank diluncurkan pertama kali sebagai model skala di pameran senjata IDEX di Abu Dhabi pada Februari 2021.

CEO Rosoboronexport Alexander Mikheyev mengatakan pada pameran senjata internasional IDEX 2021, "sekitar enam negara menunjukkan minat mereka pada tank T-14 berdasarkan platform tempur Armata," melansir TASS 18 Agustus.

Armata adalah platform standar kendaraan beroda rantai yang berfungsi sebagai dasar untuk mengembangkan tank tempur utama, kendaraan tempur infanteri, pengangkut personel lapis baja dan beberapa kendaraan lapis baja lainnya.

Tank berbasis platform T-14 Armata yang dikembangkan oleh produsen pertahanan Uralvagonzavod, diluncurkan ke publik untuk pertama kalinya di Parade Hari Kemenangan di Lapangan Merah pada 9 Mei 2015. Pada 2019, tank Armata menjalani tes pendahuluan.

Diketahui, kendaraan tempur baru secara fundamental berbeda dari pendahulunya. Salah satu keunggulan utamanya, ia memiliki turret tak berawak.

Sementara krunya berada di kapsul lapis baja terlindungi di lambung tank, untuk mengoperasikan persenjataan dari jarak jauh, yang membantu secara substansial meningkatkan kemampuan bertahan kru dalam pertempuran.