Belanja Online Bisa Langsung Lewat WhatsApp

JAKARTA - Layanan pesan instan WhatsApp meluncurkan ikon terbaru pada ruang obrolan di kontak WhatsApp Business. Nantinya, pengguna dapat melihat katalog produk yang dijual dengan mudah.

Mengutip Slashgear, Rabu 11 November, fitur ini ditambahkan pada layanan WhatsApp Business yang memungkinkan penjual dan pembeli terhubung secara langsung. Berbeda dari WhatsApp biasa, WhatsApp Business memiliki kelebihan tersendiri dengan memiliki katalog produk.

Sebelumnya, untuk dapat melihat katalog produk ini, pengguna harus membuka kontak akun yang bersangkutan. Barulah menu katalog muncul. Tetapi saat ini ikon katalog telah tersedia pada sisi kanan atas ruang obrolan.

Posisinya bersebelahan dengan ikon telepon dan menu. Ketika pengguna mengaksesnya, mereka akan dibawa langsung ke daftar barang dagangan yang ditawarkan akun penjual. Kemudian, calon pembeli dapat melanjutkan transaksi jual belinya.

>

Bagi pengguna yang ingin mencobanya, mereka harus mengupdate aplikasi WhatsApo Business di Google Play Store atau App Store terlebih dahulu. Diketahui, fitur ini sudah dapat digunakan oleh seluruh pengguna WhatsApp, termasuk Indonesia.

Sebelumnya, WhatsApp juga telah meluncurkan WhatsApp Pay di India. Hal tersebut menjadi satu langkah besar untuk menjadikan WhatsApp platform multiguna, sebagai aplikasi pesan juga aplikasi belanja.