T-Mobile dan Apple  Kerja Sama Layanan Telepon Seluler dengan Pengusaha “UMKM” di AS

JAKARTA - T-Mobile US Inc mengumumkan pada Kamis, 20 Juli  bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan Apple Inc  untuk menawarkan paket telepon seluler yang akan mencakup iPhone bersubsidi dan serangkaian layanan berbayar dari Apple yang ditujukan untuk pemilik usaha kecil, atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan UMKM.

Kesepakatan itu akan membantu Apple untuk mendistribusikan Business Essentials, layanan berbayar yang dimulai tahun lalu untuk bisnis dengan departemen TI kecil. Layanan Apple, yang berkisar antara 2,99 dolar AS dan 12,99 dolar AS per bulan per karyawan, memungkinkan bisnis menginstal dan memperbarui aplikasi dan menyediakan penyimpanan cloud kepada karyawan.

Di bawah rencana T-Mobile baru, yang menurut operator akan segera tersedia, T-Mobile akan menanggung biaya iPhone 13 untuk setiap karyawan bisnis dan akan menggabungkan Esensi Bisnis bersama dengan layanan nirkabel T-Mobile. Biayanya mungkin serendah 50 dolar AS per bulan ketika sebuah perusahaan memiliki enam baris atau lebih pada rencana tersebut.

T-Mobile mengatakan rencana itu juga mencakup cakupan Wi-Fi pada penerbangan dari American Airlines, Delta Air Lines, dan Alaska Airlines, dengan United Airlines muncul akhir tahun ini.

"Kami membuat rencana seputar Apple Business Essentials yang memberi bisnis kecil segala yang mereka perlukan untuk menjaga karyawan mereka tetap terhubung," kata Callie Field, presiden grup bisnis T-Mobile, dalam sebuah wawancara kepada Reuters.

Paket T-Mobile juga mencakup AppleCare+, program asuransi Apple yang mencakup perbaikan atau penggantian perangkat yang rusak.

T-Mobile menangani semua tagihan pelanggan di bawah kesepakatan baru, dan kedua perusahaan menolak mengatakan berapa banyak biaya bulanan T-Mobile akan diteruskan ke Apple.

Susan Prescott, wakil presiden pemasaran produk perusahaan Apple, mengatakan kepada Reuters bahwa tujuan pembuat iPhone ini adalah untuk menawarkan rencana bisnis yang akan merampingkan proses pembelian dan pengaturan perangkat.