Hasil Benchmark A14X Bionic Ungguli MacBook Pro dengan Prosesor Intel

JAKARTA - Apple telah memutuskan untuk menggunakan chip buatan mereka sendiri di perangkat Mac terbaru. Gawai itu pula yang dikatakan bakal diluncurkan Apple pada event "One More Thing" pekan depan.

Mengutip Apple Insider, Jumat 6 November, chipset baru yang diberi nama Apple Silicon mengusung prosesor A14X Bionic. Berdasarkan uji Benchmark, prosesor 1.80GHz dengan 8-core ini mampu melakukan turbo-boosting hingga 3.10GHz.

Hasilnya A14X bionic mencetak skor 1.634 poin dalam pengujian single-core dan 7.220 poin di multi-core. Angka yang lebih tinggi ketimbang model prosesor sebelumnya. 

Dalam pengujian Geekbench 5, prosesor A14X juga memberikan kinerja yang lebih responsif meski menggunakan RAM 8GB. Tentunya jika ada penambahan RAM, bisa meningkatkan hasil pengolahan grafis dengan lebih cepat.

Sebagai perbandingan, MacBook Pro 16 inci dengan prosesor Intel Core-i9 hanya mendapatkan skor 1.096 untuk pengujian tunggal dan 6.869 dalam pengujian multi-core. Artinya chipset A14X bionic berhasil mengungguli MacBook Pro dengan prosesor Intel. 

Jika rumor yang beredar di internet benar, Apple sejatinya akan meluncurkan MacBook baru dengan chipset A14X Bionic di acara "One More Thing", pekan depan. Tak hanya satu, ada beberapa model lainnya seperti MacBook Air 13 inci, MacBook Pro 13 inci, dan MacBook Pro 16 inci yang bakal diluncurkan.