Situasi Terkini Demo di Patung Kuda, Anak-anak Merangsek ke Barisan Terdepan Lalu Bakar Ban

JAKARTA - Aksi unjuk rasa menolak Undang-Undang Cipta Kerja di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Rabu, 28 Oktober masih kondusif.

Berdasarkan pantauan VOI di lapangan, pada pukul 16.40 WIB massa yang sebagian anak-anak mulai merangsek ke barisan paling depan. Dengan semangat mereka meneriakan yel-yel revolusi.

"Revolusi, revolusi, revolusi," teriakan yel-yel mereka.

Sebelumnya, massa dari anak-anak ini sempat merangsek kedepan. Namun mundur setelah ditegur pihak keamanan. Jelang sore, mereka kembali masuk ke barisan paling depan.

Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Heru Novianto mengatakan, pihaknya sudah mendeteksi keberadaan anak-anak dalam aksi ini. 

"Kami memantau masih kondusif, belum ada potensi kericuhan yang terlihat. Aparat juga belum menyiapkan tameng untuk menghadapi massa pelajar tersebut," kata Heru.

Sementara massa aksi dari mahasiswa masih terliat berorasi. Tuntutan mereka masih sama seperti sebelumnya yakni menolak UU Cipta Kerja.

Massa ini terdiri dari mahasiswa Universitas Gunadarma yang mengenakan almamater abu-abu dan Universitas Mercu Buana yang mengenakan almamater merah.

Mahasiswa ini membawa sebuah mobil komando untuk berorasi. Di samping mobil, sejumlah mahasiswa membentangkan spanduk bertuliskan "mohon maaf sedang ada perbaikan demokrasi".

"Masih ada banyak pejuang demokrasi yang menyuarakan penolakannya terhadap Undang-Undang Omnibus Law," seru seorang orator di atas mobil komando.

Usai berorasi, mereka melatunkan beberapa lagu nasional. Mahasiswa massa aksi lainnya duduk di tengah Jalan Medan Merdeka Barat yang ditutup oleh petugas.

Seperti aksi demo sebelumnya, Jalan Medan Merdeka Selatan telah ditutup sejak pagi. Aparat kepolisian memasang pembatas jalan beserta kawat berduri di kedua ruas jalan.

Dalam mengamankan aksi ini, 20 ribu personel gabungan diterjunkan. Mereka disebar di tiga titik, yakni kawasan Istana Negara, Tugu Proklamasi dan Gedung DPR/MPR RI.