Jika Khabib Nurmagomedov Memutuskan "Turun Gunung", Petarung UFC Satu Ini Bisa Jadi Lawan Berat

JAKARTA - Wacana Khabib Nurmagomedov kembali dari masa pensiun terus mengemuka. Kabarnya, dia akan diadu dengan Charles Oliveira.

Charles Oliveira dinilai sebagai petarung potensial untuk mengalahkan mantan juara UFC itu. Saat ini Oliveira merupakan salah satu petarung terbaik di divisi kelas ringan.

Ia adalah juara kelas ringan terbaru meskipun tidak menyandang status itu dalam kapasitas resmi. Gelar UFC miliknya dicopot sebelum pertandingan utama UFC 274 melawan Justin Gaethje.

Pencopotan kontroversial itu dilakukan karena petarung asal Brasil itu tidak lolos dalam timbangan badan.

”Itulah satu-satunya pertarungan menarik yang saya ingin lihat jika Khabib kembali ke divisi ini. Saya pikir Charles adalah satu-satunya yang benar-benar dapat memberikan masalah kepada Khabib dan, siapa tahu, mungkin itu sebabnya Khabib menjauh,” kata petarung Sean O’Malley dilansir MMA Fighting.

Oliveira sendiri merupakan petarung yang dimasukkan UFC dalam perebutan gelar tidak bertuan kelas ringan peninggalan Khabib. Ketika itu ia turun melawan Michael Chandler.

Dalam duel UFC 262 itu, Oliveira sukses membuat KO Chandler sekaligus dinobatkan sebagai raja kelas ringan baru. Setelah itu ia menang dua kali beruntun, mengalahkan Dustin Poirier dan Gaethje, yang pernah dikalahkan Khabib.

O’Malley mengatakan, dirinya menyukai peluang Oliveira melawan Khabib terwujud. Ia juga menduga keputusan Khabib untuk pensiun kemungkinan disebabkan oleh peningkatan yang ditunjukkan oleh Oliveira.

”Mungkin dia [Khabib] melihat, ‘Saya tidak ingin melawan orang itu’. Siapa tahu, tapi ya, itu satu pertarungan yang membuat saya tertarik melihat Khabib kembali. Itu akan menjadi pertarungan besar-besaran,” ujar O’Malley.

Duel antara Oliveira dan Khabib kemungkinan kecil bisa terwujud. Pasalnya petarung asal Dagestan itu sudah benar-benar membulatkan tekad untuk pensiun dari olahraga yang membesarkan namanya setelah kemenangan atas Gaethje pada UFC 254 lalu.