Facebook Luncuran Cloud Gaming, Tetapi Tak Tersedia Versi iOS

JAKARTA - Facebook akhirnya terjun ke dunia cloud gaming. Tetapi layanannya cukup berbeda dengan para pesaingnya seperti Amazon atau Google yang menawarkan layanan cloud gim dengan biaya tertentu.

Justru, Facebook memperkenalkan cloud gim ke dalam aplikasinya yang sudah ada, beberapa di antaranya pun sudah dapat dimainkan saat ini.

"Kami melakukan permainan gratis untuk bermain, kami melakukan permainan yang toleran terhadap latensi, setidaknya untuk memulai. Kami tidak menjanjikan 4K, 60fps, jadi Anda (tidak perlu) membayar kami 6,99 dolar AS per bulan. Kami tidak mencoba membuat Anda membeli perangkat keras, seperti pengontrol," ungkap Facebook Vice President Play, Jason Rubin, seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa 27 Oktober.

Rubin menuturkan, Facebook memiliki alasan mengapa saat ini mereka menjajal cloud gaming, sebab perusahaan ingin memiliki penawaran jenis gim yang berbeda.

Sejatinya, Facebook telah terjun ke dunia gim lebih dari satu dekade yang lalu dengan gim berbasis Flash seperti FarmVille sebelum berbelok arah menjadi HTML5 untuk platform Gim Instan. Meski begitu, kedua teknologi tersebut memiliki pengalaman yang lebih kecil atau terbatas.

Di samping itu, gim HTML5 itu tidak hilang tetapi akan berada bersama penawaran cloud baru di dalam aplikasi Facebook.

“Platform ini akan memungkinkan 300 juta pemain yang kami miliki untuk terus memainkan gim yang mereka sukai, tetapi kami pikir mereka akan berkembang dan memainkan game yang lebih kompleks juga,” ujar Rubin.

Mulai hari ini, gim pada cloud gratis sudah diluncurkan di Facebook dalam versi beta dan kumpulan judul gim sebagian besar mencakup permainan berbasis Android, seperti Asphalt 9 dan Mobile Legends: Adventure.

Facebook cloud gaming (dok. Facebook)

Sayangnya, gim cloud ini hanya tersedia pada sistem operasi Android dan versi web. Layanan cloud gaming tersebut tidak akan ditemukan di versi iOS, sebab Apple telah melarang layanan streaming gim di platform-nya, yang menyebabkan gangguan industri.

Apple diketahui mengubah Pedoman Peninjauan App Store bulan lalu. Mereka mengizinkan gim streaming asalkan setiap judul gim harus dikirimkan secara terpisah untuk ditinjau. Untuk saat ini, Facebook tampaknya tidak kompatibel dengan pedoman tersebut.

"Bahkan dengan kebijakan gim cloud baru Apple, kami tidak tahu apakah peluncuran di App Store adalah jalur yang layak," tutur Rubin.