Pasangan Ganda Putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto Tembus Final Bulu Tangkis Thailand Open 2022

JAKARTA — Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil ke final Thailand Open 2022 setelah menang atas wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Kemenangan straight gim 21-19, 21-14 yang didapat Fajar/Rian di Impact Arena pada Sabtu, 21 Mei malam WIB, membuka peluang bagi mereka untuk mencuri gelar kedua tahun ini.

Fajar/Rian langsung tertinggal tiga angka pada awal gim pertama. Pasangan peringkat ketujuh dunia itu lalu bangkit dan berhasil memimpin 11-8 pada interval.

Setelah dari jeda ganda Malaysia bangki dan berhasil menyamai skor 13-13. Lima kali kedudukan sama sempat tercipta setelah itu sebelum Fajar/Rian meraih dua angka beruntun pasca poin 19-19 untuk menutup gim pertama.

Memasuki gim kedua, Fajar/Rian langsung tancap gas menelurkan dua angka berturut-turut. Selisih angka itu terus mereka jaga sampai unggul empat poin saat rehat.

Setelah jeda, pasangan Malaysia tidak punya kesempatan sama sekali untuk menyamai perolehan poin Fajar/Rian. Mereka dipaksa cuma menambah tujuh poin lagi sehingga harus menunda mimpi ke final.

Ini menjadi kemenangan kedua beruntun Fajar/Rian atas pasangan peringkat keenam dunia itu. Kemenangan sebelumnya didapat Fajar/Rian saat mereka bertemu di babak yang sama di Swiss Open pada Maret lalu.

Namun, Fajar/Rian masih kalah head to head 2-3 dari Aaron/Soh. Sebelum dua kekalahan ini, Aaron/Soh tercatat tiga kali beruntun menang atas Fajar/Rian di tahun 2019, yakni China Open, All England, dan Malaysia Masters.

Di Thailand Open tahun ini, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto adalah satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil melaju ke final. Jika keluar sebagai juara maka ini akan jadi gelar kedua mereka tahun ini setelah Swiss Open.