Marina 101: Gedung Tertinggi Kedua di Dubai Setelah Burj Khalifa Segera Rampung, Gabungkan Hunian hingga Hotel

JAKARTA - Marina 101, gedung tertinggi kedua di Dubai, Uni Emirat Arab dengan 101 lantai, setelah bangunan ikonik Burj Khalifa hampir selesai dibangun, kata The Real Estate Regulatory Agency (Rera) di Dubai Land Department (DLD).

Sedianya, konstruksi bangunan ini dimulai pada tahun 2007 dan dijadwalkan selesai pada tahun 2014. Tetapi, sementara itu belum berjalan mulus bagi investor, sekarang tampaknya ada harapan baru.

Rera mengatakan dalam sebuah pernyataan, investor telah diberitahu bahwa pembangunan proyek 'hampir selesai' dan mendesak mereka untuk memulai pembayaran, untuk memastikan penyelesaian tepat waktu.

"Setelah penangguhan operasi konstruksi di proyek tersebut, Rera berbicara kepada investor, bekerja sama dengan wali akun di Bank of Baroda, berdasarkan Pasal No 15 undang-undang tentang rekening escrow untuk pengembangan real estat di Dubai yang menyatakan bahwa, 'Dalam hal situasi darurat di mana proyek pengembangan real estat tidak selesai, agen escrow proyek tersebut harus, setelah berkonsultasi dengan departemen, mengambil tindakan yang diperlukan untuk melestarikan hak-hak deposan dan memastikan bahwa proyek pengembangan real estat selesai atau deposan dikembalikan pembayarannya'," terang Marwan bin Ghalita, kepala eksekutif Rera, seperti melansir The National News 29 April.

"Akibatnya, timeline baru disiapkan untuk penyelesaian proyek dalam periode yang ditentukan," tandasnya.

Dia menambahkan, tanggal telah ditetapkan untuk membuat daftar unit perumahan dan mulai menerbitkan sertifikat penyelesaian.

Rera telah menghubungi entitas layanan pemerintah di Dubai, seperti Roads and Transport Authority, Dubai Electricity and Water Authority dan Dubai Civil Defence, untuk mulai mempersiapkan lokasi operasi dan serah terima.

Ini telah mendesak pemilik yang belum membayar hingga 90 persen dari jumlah yang jatuh tempo untuk melakukannya dan "mulai mengeluarkan peringatan terakhir kepada mereka yang melanggar rencana pembayaran sesuai dengan hukum, sebelum memulai prosedur hukum lainnya terhadap pemilik unit yang gagal membayar".

Maria 101 Dubai, Uni Emirat Arab. (Sumber: Sheffield Holdings via The National News)

Terpisah, seorang perwakilan Departemen Pertanahan Dubai mengatakan kepada The National, bahwa belum ada tanggal pembukaan yang diusulkan.

Diketahui, Pengembang asli, Sheffield Holdings, meninggalkan proyek yang belum selesai setelah kehabisan uang pada tahun 2019. Bank of Baroda adalah salah satu dari tiga pemberi pinjaman India bersama dengan Indian Overseas Bank dan Bank of India.

Ananda Kumar, manajer umum di Bank of Baroda untuk Timur Tengah, mengatakan kepada The National pada tahun 2019 bahwa proyek tersebut "hampir selesai. Lebih dari 95 persen pekerjaan telah selesai. Saat ini, kami bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mencapai solusi secepat mungkin." Pengembang baru sedang dicari.

Dimiliki oleh pengusaha India Abu Ali Malik Shroff, Sheffield Holdings telah melakukan investasi sebesar 1,2 miliar dirham Uni Emirat Arab dalam proyek tersebut.Shroff, yang mengalami masalah keuangan, dideportasi ke India beberapa waktu lalu, Kumar menegaskan.

Situs web Sheffield Holdings tetap tidak tersedia dan nomor telepon kantornya di Dubai tidak dapat dihubungi pada hari Kamis. Bank of Baroda telah dihubungi oleh The National.

Katalog Marina 101 Sheffield Holdings menunjukkan bahwa 32 lantai bangunan akan menjadi tempat hotel mewah, sementara 42 lantai lainnya akan menampilkan apartemen hotel eksklusif. Untuk tempat tinggal akan berada di lantai 80 ke atas.

Bangunan ini digambarkan terinspirasi oleh gaya arsitektur khas bangunan di Manhattan, New York. Katalog itu mengatakan sorotan akan menjadi lantai 101 yang akan menampilkan "ruang klub malam yang mewah".

Selain menjadi menara tertinggi kedua di Dubai, Marina 101 juga merupakan menara tertinggi ke-27 di dunia. Ini sedikit lebih tinggi dari Menara Putri Dubai Marina yang memiliki tingga 413 meter. Dan, diambil alih sebagai bangunan tempat tinggal tertinggi di dunia oleh 432 Park Avenue di Manhattan.