Ditemani Anies, Jokowi Tinjau Sirkuit Formula E di Ancol

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meninjau sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara pada hari ini. Dalam peninjauan, Jokowi ditemani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sambil melihat kondisi sirkuit, Jokowi tampak berbincang dengan Anies di barisan depan. Sementara, rombongan Jokowi, Pemprov DKI, serta panitia pelaksana Formula E mengekor di belakangnya. Anies juga sempat menyupiri Jokowi untuk berkeliling sirkuit menggunakan mobil golf.

Di Ancol, Jokowi mengenakan pakaian khasnya, yakni kemeja putih dan celana hitam. Sementara, Anies menegakan pakaian dinas dan rompi Pemprov DKI.

Seusai tinjauan, Jokowi mengaku dirinya sekadar meninjau persiapan Formula E yang digelar pada tanggal 4 Juni 2022.

"Saya ingin mellihat persiapan Formula E seperti apa di lapangan. Untuk trek balapannya sudah siap, kemudian yang dikejar tinggal paddock dan grandstandnya. Masih ada waktu habis lebaran dan kita harapkan di awal Juni kita bisa melihat balapannya," kata Jokowi di lokasi, Senin, 25 April.

Sementara itu, Anies menuturkan saat ini pengaspalan lintasan sudah selesai dilakukan. Kemudian, saat ini penyelenggara tengah memasang paddock, grandstand serta tribun, pagar beton, serta sarana lainnya untuk para tamu dan penonton.

"Nanti di atas beton-beton ini akan ada pagar yang untuk melindungi, itu semua yang akan dikerjakan, sama persiapan untuk tamu-tamu menggunakan mal, di sebelah ini. Tapi, secara umum sirkuit sudsh 100 persen," ungkap Anies.

Diketahui, bentuk trek Formula E disebut mirip seperti kuda lumping. Lalu, lokasi Jakarta International E-Prix Circuit ini memiliki 18 tikungan, 600 meter panjang trek lurus, arah lintasan searah jarum jam, dan panjang lintasan 2,4 kilometer.

Setelah selesai dibangun, sirkuit akan ditinjau dan diuji coba oleh FEO selaku pemegang lisensi Formula E. Sampai akhirnya, Formula E akan resmi digelar di Ancol pada 4 Juni 2022.

Tiket penonton Formula E sampai saat ini belum juga dijual. Rencananya, tiket dijual setelah pemasangan tribun dengan rentang harga mulai Rp350 ribu hingga jutaan rupiah.