Doa Mereka Agar Trump Segera Sembuh dan Melanjutkan Perang Urat Syaraf dengan China

JAKARTA - Taiwan menunjukkan sikap berbeda dengan tetangganya, China. Jika kebanyakan pejabat China mengolok-olok Donald Trump yang kena COVID-19, Taiwan justru memberi dukungan agar Trump segera pulih. Alasannya, agar Trump bisa kembali memainkan perang urat syaraf dengan China.

Ketua Parlemen Taiwan You Si-kun bahkan mengaku terkejut setelah mengetahui Trump jadi bagian dari 35 juta orang dunia yang terjangkit COVID-19. Mewakili badan legislatif Taiwan, ia menyampaikan doa bagi Trump.

Melansir Reuters, Senin, 5 Oktober, You Si-kun mengatakan: Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mendoakan dia cepat sembuh, jadi dia bisa terus memimpin dunia dalam melawan kemarahan komunis China.

Menurut You Si-kun, sejak Trump menjabat, hubungan Tiongkok-AS jatuh dalam titik terendah, baik itu dalam perdagangan, masalah Hong kong, Taiwan, dan berbagai masalah lainnya. Bahkan, Trump sangat vokal dalam mengkritik catatan hak asasi manusia (HAM) China, terutama perihal kekerasan terhadap muslim Uighur di Xinjiang atau Hong Kong yang dikuasai China.

Meski AS masih seperti kebanyakan negara lainnya yang tak mengakui secara resmi pemerintah Taiwan. Akan tetapi, peran AS yang menjadi pemasok utama senjata ke Taiwan menjadikan negara adidaya tersebut sebagai salah satu pendukung internasional terkuat.

Sebelumnya, Taiwan yang demokratis telah mendapatkan banyak tekanan militer dari China. pemerintah China beranggapan pulau itu merupakan wilayah kedaulatannya. Untuk itu, angkatan udara China sering kali mengirim serangan mendadak ke Taiwan dalam beberapa pekan terakhir.