DirectStorage Microsoft Percepat Pemuatan Gim di Windows 10 dan 11

JAKARTA - Microsoft mengumumkan lewat unggahan blog nya pada tiga hari lalu, bahwa DirectStorage API Xbox sekarang telah tersedia di PC. Tetapi, mungkin masih memerlukan waktu hingga sampai kepada para pemain agar dapat mendapatkan gim PC yang benar-benar menggunakan teknologi tersebut.

Teknologi DirectStorage Microsoft akan memangkas waktu pemuatan gim dan memberi potensi pengembang untuk membangun dunia gim yang lebih detail, dengan mengalirkan data langsung dari NVMe solid state drive ke GPU, tanpa CPU perlu mendekompres terlebih dahulu.

“Mulai hari ini, gim Windows dapat dikirimkan dengan DirectStorage. Rilis SDK publik ini memulai era baru waktu muat yang cepat dan dunia yang mendetail dalam gim PC dengan memungkinkan pengembang untuk lebih memanfaatkan kecepatan perangkat penyimpanan terbaru,” tulis Microsoft dalam blognya.

Pada September 2020, Microsoft telah mengumumkan bahwa DirectStorage akan hadir di Windows. Setelah mengumpulkan umpan balik di seluruh pratinjau pengembang, Microsoft akhirnya membuat API tersedia bagi semua mitra Microsoft untuk dikirimkan bersama gim mereka.

Microsoft juga memberikan saran bagi para gamer,  DirectStorage akan tetap kompatibel di perangkat Windows 10. Namun, perusahaan masih merekomendasikan versi terbaru yaitu Windows 11.

Blog tersebut bahkan mengatakan bahwa gamer tidak perlu menginstal NVMe SSD untuk melihat peningkatan dari DirectStorage, tetapi menginstal gim ke NVMe SSD akan memaksimalkan kinerja IO Anda dan membantu Anda lebih merasakan manfaat DirectStorage.

"Rilis DirectStorage ini memberikan pengembang semua yang mereka butuhkan untuk pindah ke model IO baru untuk gim mereka, dan Microsoft sedang mengerjakan lebih banyak cara untuk melepaskan pekerjaan dari CPU," lanjutnya.

Adapun gim PC pertama yang menggunakan teknologi DirectStorage adalah Forspoken, yang akan digunakan sebagai showcase untuk teknologi tersebut di GDC tahun ini. Sayangnya, pengembang gim tersebut menunda perilisannya, yang awalnya pada bulan Maret hingga 11 Oktober.