Orang Tua Kini Bisa Awasi Berbagai Aktivitas Anak Mereka di Instagram Lewat Fitur Baru Ini
Instagram menjawab keresahan para orang tua dari pengguna di bawah umur. (foto; dok. instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram baru saja menjawab keresahan para orang tua dari pengguna di bawah umur atau remaja dengan menghadirkan fitur pengawasan orang tua ke aplikasinya.

Belakangan Instagram menghadapi pengawasan ketat, atas dampak media sosial milik Meta itu pada remaja dan anak-anak. Fitur tersebut akan menjadi bagian dari Pusat Keluarga baru, di mana orang tua dapat mengatur batas waktu dan mengakses informasi tentang aktivitas anak remaja mereka di aplikasi.

Untuk saat ini, orang tua akan dapat melihat daftar akun yang diikuti anak remaja mereka, serta akun mana yang mengikuti mereka. Orang tua juga akan diberi tahu jika anak remaja mereka melaporkan pengguna lain.

Sayangnya, fitur ini baru tersedia di Amerika Serikat (AS) dan orang tua hanya akan dapat mengakses fitur pengawasan orang tua jika remaja mengaktifkan atau menyetujui menggunakan fitur tersebut dalam aplikasi itu sendiri.

“Selama beberapa bulan ke depan kami akan menambahkan fitur tambahan, termasuk membiarkan orang tua mengatur jam di mana anak remaja mereka dapat menggunakan Instagram, dan kemampuan lebih dari satu orang tua untuk mengawasi akun seorang remaja,” ujar Bos Instagram Adam Mosseri dalam unggahannya di blog resmi perusahaan yang dikutip dari Engadget, Kamis, 17 Maret.

Sebenarnya, fitur anyar ini pertama kali dijanjikan pada Desember tahun lalu setelah Instagram dipaksa untuk berhenti bekerja pada aplikasi khusus untuk anak-anak di bawah 13 tahun, usai seorang pelapor mengungkapkan penelitian internal yang mendokumentasikan dampak Instagram pada kesehatan mental remaja.

Mosseri menyatakan, fitur pengawasan orang tua baru ini juga akan hadir di headset Quest dalam beberapa bulan mendatang, sehingga orang tua juga dapat membatasi aktivitas anak-anak mereka dalam realitas virtual.

Di Quest, fitur pengawasan tersebut akan memungkinkan orang tua untuk membatasi konten VR yang diberi peringkat untuk usia 13 tahun ke atas dan menetapkan batasan lain untuk pembelian VR.

Terakhir, Meta dikabarkan juga sedang mengerjakan Parent Dashboard untuk aplikasi Oculus, sehingga orang tua dapat mengawasi apa yang ditonton anak-anak mereka dan berapa banyak waktu yang mereka habiskan di VR.