NFT Dianggap Terlalu Laki-Laki, Rarible Dukung Wanita untuk Lebih Berperan dan Terlibat
JAKARTA - Token yang tidak dapat dipertukarkan atau dikenal sebagai NFT akhir-akhir ini telah menerima banyak perhatian media di seluruh dunia. Para ahli sepakat bahwa dampaknya akan melampaui penjualan karya seni digital atau tweet dan mengubah cara orang mengkomunikasikan ide selamanya.
Terlepas dari janjinya untuk menghancurkan cetakan, pasar NFT di seluruh dunia sama pucat, jantan, dan kunonya dengan industri seni konvensional. Statistik terbaru menunjukkan hanya 16% dari pembuat NFT adalah wanita. Ini adalah perbedaan gender yang mengejutkan yang mencerminkan kurangnya representasi wanita dalam ekosistem NFT saat ini.
Menurut survei yang dilakukan oleh Art Tactic dan diterbitkan oleh Bloomberg, artis wanita hanya menyumbang 5% dari penjualan di pasar NFT. Sebagai perbandingan, kreasi artis pria menghasilkan 77% dari penjualan. Sebanyak 16% adalah artis yang tidak dikenal, dan 2% dibuat secara kolektif.
Namun, proyek NFT tertentu berusaha mengatasi masalah tersebut. Rare adalah salah satunya. Rarible telah memprioritaskan mendukung proyek NFT yang dipimpin wanita. Cointelegraph berbicara dengan pakar industri, Masha Vyazemskaya, Kepala Komunikasi di Rarible, dan Rebekah Keida, Kepala Pemasaran di XBTO, tentang kesenjangan gender di ruang NFT.
Menurut Vyazemskaya, sektor teknologi selalu didominasi oleh laki-laki, yang menurutnya "menumbuhkan rasa intimidasi bagi banyak wanita yang ingin memasuki ruang NFT."
"Seiring dengan industri yang terus berkembang, penting bagi kami untuk memperjuangkan seniman dan inovator wanita kami, mempromosikan dan mendorong karya mereka dan memberi mereka kesempatan lebih besar untuk membentuk masa depan industri," kata Vyazemskaya.
Dia menjelaskan tantangan yang dihadapi kreator wanita saat pertama kali memasuki sektor NFT berdasarkan "industri teknologi yang lebih luas". Menurutnya, "industri teknologi tradisional secara historis selalu memenuhi ambisi dan kesuksesan pria, menciptakan harapan yang salah arah bahwa teknologi terutama untuk pria."
Kesadaran ini, menurut Vyazemskaya, merupakan langkah awal yang penting dalam mendorong lebih banyak perempuan untuk terlibat dalam industri NFT. “Dengan memperjuangkan pencipta wanita yang sukses dan inisiatif yang dipimpin oleh wanita, kami menetapkan preseden bagi generasi inovator masa depan bahwa sektor NFT adalah komunitas untuk wanita," tambahnya.
Baca juga:
Menurut Rebekah Keida dari XBTO, dua langkah penting untuk meningkatkan jumlah wanita yang terlibat dalam ruang NFT dan Web3 adalah mendaftarkan lebih banyak orang dalam pendidikan cryptocurrency dan menumbuhkan rasa inklusi yang lebih besar.
"Sejujurnya, industri ini masih sangat muda dan seperti bola salju, jadi tidak ada yang benar-benar 'ahli'. Kita semua belajar bersama. Semakin kita dapat mempromosikan konsep inklusivitas ini, semakin ramah ruang bagi pengguna kripto baru dan wanita yang ingin terlibat," ungkap Keida.
Apa yang akan mereka sarankan kepada wanita mana pun yang mempertimbangkan karier di sektor NFT? Vyazemskaya menyarankan bahwa sebaiknya mulai berinteraksi dengan pembuat dan kolektor lain sesegera mungkin.
Komunitas NFT, menurutnya, adalah salah satu yang "paling mendukung", dan banyak dari komunikasi dan interaksi yang sangat berharga terjadi di media sosial dan pasar internet seperti Rarible.
Sementara Keida, menyarankan bahwa meskipun tampaknya mudah untuk memulai, mulailah saja. "Lakukan penelitian Anda," ucapnya.
Dia menganggap percakapan satu lawan satu, baik melalui Twitter atau Discord, sangat berharga. Liputan khas media tentang kisah investasi NFT adalah optimistis, baik kesuksesan spektakuler atau kegagalan yang menjadi bencana.
"Ketika Anda menjangkau dan mulai membangun koneksi individu, Anda menyadari ada lebih banyak wawasan untuk dikumpulkan," ucap Keida.